Stretch mark atau garis-garis pada kulit memang bisa mengganggu penampilan dan membuat perempuan jadi merasa kurang percaya diri. Stretch mark sendiri biasanya muncul di bawah perut, paha, pinggul, serta payudara, yang disebabkan oleh adanya peregangan pada kulit yang diakibatkan oleh berkurang atau bertambahnya berat badan secara drastis.

Meski stretch mark tidak bisa dihilangkan sepenuhnya dengan cara instan, ternyata stretch mark bisa dipudarkan seiring berjalannya waktu dengan bantuan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami apa sajakah itu? Melansir Healthline, simak informasinya berikut ini.

1. Minyak zaitun

Bahan alami pertama yang bisa menghilangkan stretch mark adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri berfungsi untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit. Selain itu, pijatan dari minyak zaitun sendiri bisa bantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyamarkan stretch mark.

Caranya, ambil sedikit minyak zaitun di telapak tangan lalu pijat lembut di area kulit yang muncul stretch mark. Setelah itu diamkan selama 30 menit, hingga minyak zaitun meresap ke dalam kulit. Bersihkah dengan air dan lakukan secara teratur.

2. Gula

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan gula untuk memudarkan stretch mark. Gula sendiri bisa Anda jadikan sebagai scrub yang berfungsi dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan memudarkan stretch mark.

Caranya cukup mudah, ambil satu sendok teh gula lalu campurkan dengan minyak pijat dan beberapa tetes perasan lemon. Setelah tercampur merata, gosokkan campuran bahan alami tersebut di atas stretch mark. Jika sudah, bilaslah dengan air dan lakukan cara ini secara rutin.

3. Lidah buaya

Selain bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga bisa membantu memudarkan stretch mark dengan cepat. Alasannya, karena bahan alami ini memiliki efek yang bisa melembapkan dan menenangkan kulit.

Jika Anda tidak percaya, coba gosokkan lidah buaya di atas kulit lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat dan lakukan cara ini secara teratur.

4. Putih telur

Siapa sangka, putih telur juga bisa bantu dalam memudarkan stretch mark. Alasannya, karena putih telur mengandung protein yang bisa membantu meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah.

Caranya, kocoklah putih telur hingga merata. Sebelum mengoleskan putih telur, pastikan Anda membersihkan dahulu bagian kulit yang muncul stretch mark. Setelah itu, olesi kocokan putih telur dengan menggunakan kuas dan biarkan hingga kering. Jika sudah kering, bilaslah dengan air dingin dan keringkan.

5. Madu

Bahan alami terakhir yang bisa bantu memudarkan stretch mark adalah madu. Disebut demikian, karena madu bertindak sebagai antiseptik dalam mengurangi stretch mark pada kulit.

Sama seperti gula, Anda bisa menggunakan madu sebagai scrub. Caranya, campurkan madu dengan garam. Setelah tercampur merata, oleskan scrub tersebut pada bagian kulit yang muncul stretch mark dan diamkan hingga kering. Jika sudah, bilaslah menggunakan air.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan