JAKARTA – Kadar gula darah sangat erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Kadar gula darah tinggi ataupun rendah sama-sama dapat membahayakan tubuh. Berapa sih kadar gula darah normal?

Kadar gula darah normal tidak terpaku pada satu angka baku saja. Kadar ini bisa berubah saat sebelum tidur dan sesudah makan atau disaat waktu tidur.

Konsumsi gula berlebih juga mengakibatkan insulin menjadi resisten yaitu, tidak mampu menjalankan tugasnya dalam metabolisme gula menjadi energi. Sehingga mengalami peningkatan kadar gula darah yang sangat beresiko memicu kegemukan (obesitas) dan diabetes mellitus.

Diabetes yang tidak terkontrol akan beresiko mengganggu organ tubuh lain seperti jantung, ginjal, dan lain-lain. Untuk itu perlu bagi Anda untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit dan selalu kontrol kadar gula kalian ya.

Berikut penjelasan tentang kadar gula darah normal bagi tubuh yang wajib Anda ketahui yang telah detikHealth rangkum:

Kadar Gula Darah Normal Pada Tubuh:

· Sebelum makan: 70-130 mg/dL.

· Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.

· Setelah tidak makan atau berpuasa selama delapan jam: kurang dari 100 mg/dL.

· Menjelang tidur: 100-140 mg/dL.

Efek yang Akan Timbul Tingginya Kadar Gula Darah antara lain:

1. Kerusakan pada beberapa organ penting dalam tubuh

2. Munculnya penyakit diabetes mellitus

3. Tubuh lelah

4. Mudah gelisah

5. Sering infeksi gigi

6. Bobot tubuh berkurang

7. Nafsu makan meningkat

Efek yang Akan Timbul Terlalu Rendah Kadar Gula Darah:

1. Tubuh lemas

2. Pucat

3. Kelelahan

4. Sulit berkonsentrasi

5. Mudah marah

6. Jantung berdebar

7. Kejang

Untuk menghindari efek gula darah terlalu rendah atau tinggi, mari selalu jaga gula darah kalian agar tetap dalam batas normal.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap normal:

1. Olahraga Rutin

Dengan rutin berolahraga, Anda mampu menstabilkan gula darah. Anda bisa memulainya dengan memperbanyak aktivitas fisik sederhana, seperti jalan santai beberapa kali dalam seminggu.

2. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Bagi anda yang mengalami resiko diabetes, sebaiknya hindari makanan yang bisa meningkatkan kadar glukosa dengan cepat. Misalnya, makanan yang tinggi kalori dan tinggi karbohidrat seperti nasi, roti, mi, kentang, atau makanan yang diberi pemanis buatan. Makanan yang bagus untuk Anda konsumsi yaitu kacang-kacangan seperti almond, ikan salmon, daging dada ayam tanpa kulit, brokoli, bayam.

3. Hindari Stress

Hindari dan segera atasi stress yang Anda alami, karena kondisi ini bisa menyebabkan kadar gula darah Anda meningkat.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling diderita oleh orang lanjut usia (lansia). Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya gaya hidup yang tidak sehat, sehingga dapat membuat kadar gula darah normal menjadi sulit dicapai. Untuk itu mari jaga kesehatan agar tetap memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari serangan penyakit.

Editor: PARNA
Sumber: detikhealth