Barcelona sukses meraih hasil maksimal ketika menjamu Borussia Dortmund di Liga Champions 2019/20. Bermain di Camp Nou, Kamis (28/11) dini hari WIB, ‘Blaugrana’ sukses menang atas ‘Die Borussen’ dengan skor meyakinkan 3-1.

Luis Suarez membuka keunggulan tuan rumah, mencetak gol di menit ke-29 setelah menerima umpan matang dari Lionel Messi. Hanya berselang empat menit sebelum kombinasi keduanya kembali berbuah gol. Kali ini lewat umpan matang Suarez, Messi yang lolos dari penjagaan melepas tendangan ke tiang jauh.

Babak kedua Barcelona lebih mengendurkan permainan, menyerang lewat serangan balik. Namun, justru ‘Los Azulgrana’ menambah keunggulan di menit ke-67, usai umpan terobosan Messi menemui Antoine Griezmann yang tak terkawal di sisi kiri.

Masuknya Jadon Sancho di babak kedua membuat Dortmund lebih hidup. Serangan pun kerap dilancarkan lewat winger asal Inggris tersebut. Puncaknya, di menit ke-77, Sancho yang melakukan gerakan tipuan yang disusul tendangan keras kemudian mencetak gol memperkecil ketertinggalan.

Beberapa peluang berbahaya kemudian sempat diciptakan Dortmund, salah satunya sepakan keras Sancho yang masih bisa ditepis Marc-Andre ter Stegen. Skor kemudian tak berubah, laga berakhir 3-1 untuk kemenangan Barcelona.

Hasil tersebut kemudian memastikan Barcelona lolos ke babak 16 besar. Sementara Dortmund kini merosot ke posisi tiga, masih harus bersaing dengan Inter Milan yang sama-sama mengoleksi tujuh poin.

Berangkat dari laga Barcelona menang atas Borussia Dortmund dengan skor 3-1, berikut lima rekor yang sukses terpecahkan.

1. Messi catat gol dan asis di penampilan ke-700

Memimpin Barcelona di laga kontra Borussia Dortmund merupakan penampilan ke-700 buat Lionel Messi di sepanjang kariernya. Adapun pada laga tersebut, pemain berjuluk ‘La Pulga’ tersebut sukses mencetak satu gol dan mencatat dua asis.

Kini, selama 700 laga bermain, Messi tercatat mencetak 613 gol di semua kompetisi, beserta total 237 asis. Dari torehan tersebut, Messi sukses membawa tim yang dibelanya merengkuh 34 trofi.

2. Messi cetak gol ke 34 klub berbeda

Selain sukses mencetak angka dan asis di penampilan ke-700-nya, gol ke gawang Dortmund membuat Messi mencatatkan rekor jadi pemain dengan klub terbanyak yang pernah dibobol, yaitu 34.

Adapun penyerang berkebangsaan Argentina tersebut melampaui catatan dua mantan penyerang Real Madrid, Raul Gonzalez dan Cristiano Ronaldo, yang masing-masing mencetak gol kepada 33 klub berbeda.

3. Barcelona tak terkalahkan kontra Dortmund

Merupakan pertemuan keempat di kompetisi Eropa, Barcelona yang sukses meraih kemenangan sukses mempertahankan rekor tak terkalahkan menghadapi Borussia Dortmund.

Adapun dari empat laga tersebut, Barcelona menang dua dan imbang juga dua kali. Adapun di pertemuan pertama musim ini, Dortmund yang main di depan publik sendiri hanya bisa menahan imbang Barcelona 0-0.

4. Rekor bagus Barcelona menjamu klub Jerman berlanjut

Selain tak terkalahkan di kompetisi Eropa menghadapi Dortmund, Barcelona juga sukses memperpanjang rekor bagus mereka menjamu klub asal Jerman. Total dari 16 laga, Barcelona menang 14 diantaranya, sisanya kalah dua kali.

Adapun dua kekalahan ketika menjamu klub Jerman di Camp Nou datang dari Bayern Muenchen. Pertama pada November 1998 dengan skor 2-1, kemudian Mei 2013 kalah tiga gol tanpa balas.

5. Rekor unik dari gol Antoine Griezmann

Pada laga tersebut, menyambut umpan terobosan Messi di menit ke-77, Griezmann dari sisi kiri melepaskan tembakan keras mendatar ke pojok kanan gawang yang sukses jadi gol ketiga Barcelona.

Rekor unik pun dicatatkan Griezmann, menjadi pemain ketujuh yang pernah mencetak gol buat Barcelona dan ke gawang Barcelona di Liga Champions. Sebelumnya, ada nama seperti Phillip Cocu, Cesc Fabregas, Eidur Gudjohnsen, Zlatan Ibrahimovic, Gaizka Mendieta, dan Marc Overmars.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan