JAKARTA – Cokelat dari Swiss memang dikenal mahal. Namun negara ini sekarang membuat kembali cokelat dengan harga yang sangat mahal. Harga cokelat ini bahkan menandingi harga iPhone 11.

Untuk cokelat bar dengan berat 80 gram, cokelat ini dihargai US$645 atau seharga Rp9,1 juta. Sedangkan harga iPhone 11 (berdasar harga jual di Apple.com) sendiri adalah US$699-US$849 (Rp9,8 juta).

Apa yang membuat cokelat ini berharga sangat mahal? Cokelat bernama Attimo ini merupakan cokelat yang dibuat oleh ahli cokelat (chocolatier) Alain Mettler di Kriens (Luzern). Cokelat ini dibuat dari cokelat Grand Cru dan mengandung kakao 68 persen, sedikit safron, keripik jeruk, dan biskuit renyah.

Cokelat ini ‘dipanggil’ La Chuorsa.

Lihat juga: Makan Kue Cokelat Saat Sarapan Bisa Bikin Langsing

Kakaonya sendiri diambil dari desa kecil di Chuao, Venezuela. Cokelat ini sudah dibudidayakan selama 400 tahun. Sedangkan saffronnya berasal dari sebuah desa di Swiss Mund, Valais. Bahkan safronnya sendiri diambil dari varietas yang paling eksotis di antara yang lainnya.

“Anda harus benar-benar membiarkannya meleleh di mulut. Kemudian Anda merasakan citarasa alami seperti grapefruit, lemon, dan juga tembakau. Ini benar-benar jadi sebuah pengalaman, bukan hanya sebatang cokelat,” kata Mettler dikutip dari SCMP.

Mengutip Luxury Launches, cokelat Attimo ini bahkan dinobatkan menjadi cokelat termahal di dunia versi Guiness Book of Records. Dalam laman resminya, cokelat termahal di dunia ini hanya dibuat sebanyak 50 buah saja dan dijual secara online.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia