JAKARTA – Sebanyak enam tim memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2019/2020 usai matchday kelima pada Rabu (27/11) dini hari WIB.

Sebelumnya tiga tim lebih dahulu berada di babak gugur setelah pertandingan keempat di fase grup. Ketiga grup yang sudah berada di babak 16 besar sebelum matchday kelima ini adalah: Juventus, Bayern Munchen, dan Paris Saint-Germain.
Sementara itu, tiga tim lain yang menyusul Juventus, Munchen, dan PSG adalah Manchester City, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Man City ke babak 16 besar setelah bermain imbang 1-1 melawan Shakhtar Donetsk di Stadion Etihad. Dalam laga itu The Citizens sempat unggul di menit ke-56 lewat gol Ilkay Guendogan yang memanfaatkan umpan Gabriel Jesus.

Tetapi tim tamu bisa menyamakan kedudukan 13 menit kemudian berkat gol Manor Solomon yang menerima assist Dodo. Dengan tambahan satu poin dan mengoleksi 11 angka itu Man City dipastikan lolos ke babak gugur sebagai juara Grup C.

Man City ke 16 besar usai diimbangi Shakhtar.Man City ke 16 besar usai diimbangi Shakhtar. (Photo by Oli SCARFF / AFP)
Lolosnya Man City diikuti tim Liga Inggris lain, Tottenham Hotspur yang menang 4-2 atas Olympiacos di Stadion Tottenham.

Sempat tertinggal 0-2 berkat gol Youssef El Arabi dan Ruben Semedo, Tottenham berbalik unggul lewat gol Dele Alli, Harry Kane dua gol, dan Serge Aurier. Kemenangan itu membuat Tottenham lolos ke babak gugur sebagai runner-up Grup B di bawah Munchen.

Daftar Enam Tim Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions
Tiket babak 16 besar lain direbut Real Madrid yang ditahan imbang PSG 2-2 di Santiago Bernabeu. Karim Benzema membawa Madrid unggul di menit ke-17 dan 79. Tetapi PSG bangkit dengan gol dari Kylian Mbappe (81′) serta Pablo Sarabia (83′).

Tambahan satu poin itu cukup untuk membawa Madrid menjadi runner-up Grup A di bawah PSG dengan meraih delapan poin dari lima pertandingan dan tidak akan bisa terkejar lagi oleh Club Brugge seta Galatasaray.

Daftar Tim Lolos Babak 16 Besar Liga Champions:

1. Paris Saint-Germain (Juara Grup A)
2. Bayern Munchen (Juara Grup B)
3. Manchester City (Juara Grup C)
4. Juvenus (Juara Grup D)
5. Real Madrid (Runner-up Grup A)
6. Tottenham Hotspur (Runner-up Grup B)

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia