Kesehatan
3 min read
120

7 Cara Alami Atasi Plak Gigi

25 November 2019
0

JAKARTA – Tertawa lepas terbukti menyehatkan dan dikaitkan dengan sejumlah manfaat seperti meningkatkan sistem imun, menjaga suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan melindungi tubuh dari efek buruk stres. Gigi putih bersih tentu membuat aktivitas tertawa menjadi memuaskan. Namun, tidak demikian bila gigi diselimuti plak atau karang gigi.

Plak yang menumpuk tak hanya mengurangi rasa percaya diri, namun bisa mengganggu penampilan hingga menimbulkan bau mulut. Kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi kopi berlebih, dan sikat gigi yang tidak teratur bisa menjadi beberapa penyebab munculnya plak.

Selain ke dokter, ada sejumlah cara alami yang bisa Anda coba untuk mengurangi plak pada gigi, melansir Net Worth Star.

1. Baking soda

Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh baking dengan sejumput garam. Setelah itu, celupkan sikat gigi pada campuran tersebut dan sikat gigi sebagaimana biasanya Anda lakukan.

Namun penggunaan baking soda yang berlebih ditakutkan dapat merusak lapisan pelindung gigi. Sehingga cukup lakukan cara ini seminggu sekali. Pastikan dahulu Anda tidak memiliki masalah gigi sebelumnya, seperti gigi sensitif, kelainan gusi, atau sedang menggunakan kawat gigi.

2. Lidah buaya dan gliserin

Untuk membuat pasta gigi alami dari lidah buaya, Anda memerlukan bahan-bahan seperti:

1 gelas air
1/2 cangkir baking soda
1 sdt lidah buaya
4 sdt gliserin sayuran
1 sdt minyak atsiri lemon

Sikat gigi Anda dengan semua bahan yang sudah dicampur. Ini akan membuat gigi Anda terlihat lebih putih dan cerah.

3. Kulit jeruk

Jangan membuang kulit jeruk setelah Anda memakan buahnya. Ini bisa digunakan untuk membersihkan gigi Anda dan mencerahkan. Selain itu, kulit jeruk juga membantu mencegah noda dan melawan bakteri di gigi. Anda hanya cukup menggosok kulit jeruk pada gigi selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.

4. Biji wijen

Mengunyah biji wijen ternyata memiliki dampak baik untuk membersihkan plak-plak pada gigi. Ambil segenggam biji wijen dan kunyah selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa biji wijen menggunakan gosok gigi. Biji wijen juga dapat digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan noda membandel di gigi.

5. Vitamin masker gigi

Anda bisa mencoba membuat masker pasta gigi dengan menghancurkan buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C. Buah tomat, stroberi, dan jeruk bisa Anda tumbuk dan tempelkan pasta di gigi Anda. Setelah menunggu hingga 5-6 menit, kemudian bilas dengan air. Masker tersebut dapat membunuh bakteri dan membuat napas lebih segar.

6. Cuka

Di balik rasanya yang kecut, ternyata cuka dapat membersihkan gigi. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti:

2 sdt cuka
1 sdt garam
Beberapa tetes air

Campurkan semua bahan dan aplikasikan pada gigi Anda. Gunakan cara ini 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, sama seperti baking soda, menggunakan cuka baiknya tak terlalu banyak karena dapat merusak lapisan pelindung gigi.

7. Gigi bersih sebelum tidur

Plak timbul akibat penumpukan sisa-sisa makanan yang bercampur dengan bakteri. Untuk menghindari lebih banyak plak yang menumpuk, pastikan gigi dalam kondisi bersih sebelum tidur. Walau sekadar sikat gigi dengan air, gigi yang bersih sebelum tidur adalah cara yang paling efektif untuk mengurangi timbunan plak.

Anda juga bisa menggunakan garam sebagai campuran pasta gigi agar lebih efektif dalam membunuh bakteri penyebab plak.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia