LeBron James sudah meraih banyak hal. Akan tetapi, ada satu catatan yang belum bisa dia raih sebelum pertandingan antara Los Angeles Lakers dan Oklahoma City Thunder digelar Rabu (20/11/2019) pagi WIB di Staples Center.

Sebelum pertandingan itu, James sudah pernah meraih triple-double menghadapi hampir semua tim NBA. Yang jadi pengecualian adalah Thunder. Namun, kini Thunder sudah tak lagi menjadi eksepsi.

Lakers harus bersusah payah dalam laga tersebut. Setelah meraih keunggulan pada babak pertama, mereka kesulitan pada paruh kedua pertandingan, di mana Thunder selalu mencetak poin lebih banyak.

Akan tetapi, pada akhirnya Lakers tetap keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 112-107. Tentu saja, triple-double James yang terdiri atas 25 poin, 10 assist, dan 11 rebound itu berperan besar.

Bagi James, itu adalah triple-double kelimanya musim ini. Dengan performa cemerlang itu dia berhasil menjaga Lakers kukuh di puncak klasemen Wilayah Barat dengan rekor 12 kali menang dan 2 kali kalah.

Walau demikian, James bukan pendulang angka terbanyak. Status itu jadi milik Anthony Davis, pemain yang dibujuknya bergabung sejak pertengahan musim 2018/19. Davis mencetak 34 angka untuk menjadi topskorer.

Di antara semua pemain yang terjun berlaga, hanya Dennis Schroeder—sixth man Thunder—yang berhasil mendekati catatan Davis. Guard asal Jerman itu sukses membukukan 31 poin.

Lakers sendiri berhasil unggul 33-28 pada kuarter pertama. Keunggulan tersebut mereka gandakan menjadi 53-53 pada akhir kuarter kedua. Namun, Thunder tidak diam begitu saja.

Pada kuarter ketiga Thunder menipiskan jarak ketertinggalan menjadi hanya enam poin. Lalu, di kuarter pemungkas mereka sempat mencatatkan sembilan poin beruntun, tetapi akhirnya tetap tak mampu mengejar Lakers.

Bagi Thunder, kekalahan ini membuat mereka belum bisa beranjak dari posisi ke-12. Hanya New Orleans Pelicans, Portland Trail Blazers, dan Golden State Warriors yang berada di bawah mereka.

Sementara itu, untuk Lakers, kemenangan ini mesti dibayar mahal. Salah seorang pemain andalan mereka, Kyle Kuzma, kudu meninggalkan lapangan lebih awal karena mengalami cedera.

Kuzma baru sembilan menit berlaga di lapangan ketika sikut dari Darius Bazley mendarat telak di matanya. Kuzma pun segera masuk ke ruang ganti untuk menerima perawatan dan tidak kembali lagi sampai laga kelar.

Adapun, kemenangan ini tidak membuat Davis puas. Mantan pemain Pelicans itu merasa bahwa timnya masih kurang solid ketika bertahan. “Kami harus lebih baik lagi dalam bertahan tetapi untuk hal lain segalanya sudah berjalan mulus,” ucap Davis selepas laga.

Kelemahan Lakers itu bisa terlihat pada tingginya angka lemparan bebas Thunder. Total, ada 25 lemparan bebas yang didapatkan Thunder, dengan 22 di antaranya sukses dikonversi menjadi poin.

Lakers sendiri bisa dikatakan hanya benar-benar unggul dalam urusan tembakan tiga angka. Lakers mampu menceploskan 14 tembakan dengan persentase 45%, sementara Thunder melesakkan 9 tembakan dengan persentase 32%.

Sementara, untuk tembakan dua angka, baik itu tembakan mid-range, dunk, maupun lay-up, Thunder bisa mengimbangi Lakers. Kedua tim sama-sama mampu berhasil di 29 upayanya.

Hasil lengkap NBA, Rabu (20/11):

Memphis Grizzlies 95-114 Golden State Warriors

New Orleans Pelicans 115-104 Portland Trail Blazers

Sacramento Kings 120-116 Phoenix Suns

Los Angeles Lakers 112-107 OKC Thunder

Editor: PARNA
Sumber: kumparan