JAKARTA – Polusi udara adalah salah satu tantangan di kota-kota besar seperti Jakarta. Beberapa kali, polusi di kota ini menempati salah satu yang terburuk di dunia.

Beberapa masalah kesehatan terkait polusi rentan menyerang. Seperti kesulitan bernapas, kekebalan tubuh terganggu, alergi, sakit kepala berdampak pada semua orang. Selain itu, polusi juga dapat mengganggu penglihatan karena iritasi mata.

Beberapa gejala yang mengganggu mata akibat udara kotor meliputi, mata berair, sakit mata, mata merah, bengkak, gatal hingga sensasi seperti terbakar. Dampak lebih lanjut udara kotor juga dapat mengaburkan penglihatan.

Dikutip dari Times of India, mengantisipasi masalah tersebut berikut tips yang bisa dilakukan untuk mencegah gangguan mata akibat polusi.

1. Perbanyak minum air
Sangat penting untuk menjaga asupan air. Agar mata tetap terhidrasi perbanyak minum air putih. Dengan mengonsumsi air dapat mendetox racun serta membantu mendukung pembentukan air mata di mata, yang merupakan fungsi penting yang melindungi terhadap sindrom mata kering dan menghilangkan iritasi yang mungkin mengintai di bawah kelopak mata Anda.

2. Berkedip lebih sering
Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan kerusakan akibat polusi adalah dengan mengedipkan mata dengan benar. Ketika berkedip, air mata pelindung khusus diproduksi yang melindungi mata, memberikan kelembaban dan tidak membiarkan polutan mengendap.

3. Atur pola makan
Sama seperti menjaga pencernaan, makanan juga berfungsi untuk menjaga penglihatan. Asupan makanan yang mengandung vitamin A, kandungan asam lemak Omega-3 dan selain sayuran dan buah-buahan hijau. Semua kelompok makanan ini baik untuk mata.

4. Kurangi waktu di depan layar
Menjaga kesehatan mata bisa dengan mengurangi waktu Anda di depan layar digital. Untuk meminimalisir gangguan mata akibat polusi, mengurangi waktu di depan layar adalah cara terbaik mengurangi risiko gangguan mata.

5. Hindari Make-up berlebihan
Untuk menghindari iritasi dan gangguan mata, sebaiknya hindari riasan mata yang tebal, kontak lensa yang dapat menjebak polutan lebih jauh di dalam rongga mata. Rutin membersihkan area wajah dan gunakan tetes mata. Tetes mata berkualitas baik, yang diresepkan oleh dokter juga dapat membantu membalikkan kerusakan yang terjadi pada mata Anda yang berharga.

Editor: PARNA
Sumber: detikhealth