JAKARTA – Sebagian perempuan biasanya punya kebiasaan unik ketika pacaran. Yup, mereka seringkali meminjam dan memakai kemeja, t-shirt, atau hoodie pasangan karena merasa nyaman.

Nah, ada kabar baik nih untuk kalian yang punya kebiasaan ini. Menurut sebuah penelitian, mengenakan pakaian pacar dapat mengurangi stres mental, loh.

Dilansir dari Times of India, jika kalian sering merasa cemas dan kesepian, kalian dapat mencoba mengenakan pakaian pasangan. Menurut para peneliti di University of British Columbia, mengenakan apa pun yang membawa aroma pasangan dapat membantu mengurangi stres, kesepian, dan kecemasan. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology.

“Banyak orang mengenakan baju atau tidur di sisi ranjang pasangannya ketika pasangannya pergi, tetapi mungkin tidak menyadari mengapa mereka melakukan perilaku tersebut. Temuan kami menunjukkan bahwa aroma pasangan, bahkan tanpa kehadiran fisik, dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu mengurangi stres,” kata Marlise Hofer, kepala penelitian tersebut.

Menurut para peneliti, temuan ini dapat membantu orang untuk mengatasi situasi yang membuat stres. Misalnya, seseorang yang akan berpergian jauh dari rumah dapat meminjam pakaian orang yang mereka cintai untuk membantu menurunkan tingkat stres berlebihan.

Editor: PARNA
Sumber: detikhealth