Tanaman kini tengah menjadi tren dalam hal dekorasi ruangan. Tak hanya bisa mempercantik sudut ruangan, penambahan tanaman juga terbukti bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya.

Sebagian dari Anda mungkin ragu untuk mulai merawat tanaman hias di dalam rumah. Keraguan itu bisa datang dari berbagai hal; seperti takut kesulitan saat merawatnya, hingga takut tanaman hias tersebut cepat mati atau layu.

Namun, ketakutan itu tentu bukan jadi penghalang bagi Anda yang ingin mulai merawat tanaman hias, sebab ada beberapa jenis tanaman yang mudah dirawat bagi para pemula sekalipun. Jenis-jenis tanaman hias apa sajakah itu? Melansir Hypebae, berikut informasinya.

1. Lidah mertua

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Sansevieria ini sangat digemari karena mudah dirawat. Disebut demikian, karena lidah mertua bisa bertahan di hampir setiap situasi, baik itu terkena sinar matahari terik maupun tidak sama sekali.
Hebatnya lagi, lidah mertua juga bisa menghasilkan banyak oksigen di malam hari. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA, tanaman hias ini bisa membantu membersihkan udara di dalam rumah dan menghilangkan racun seperti benzena.

2. Euphorbia

Tanaman hias yang mudah dirawat selanjutnya adalah euphorbia atau yang biasa kita kenal sebagai mahkota duri. Tanaman hias ini memiliki bentuk bunga yang lucu dan berwarna cerah.
Dalam perawatannya, Anda tidak perlu rutin menyiram tanaman asal Madagaskar ini, sebab euphorbia tidak terlalu suka dengan air. Selain itu, euphorbia juga bisa tumbuh di mana saja dan akan mekar sepanjang tahun.

3. Lidah buaya

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Aloe vera ini memang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit dan juga rambut.
Di samping ragam khasiatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit, ternyata tanaman ini mudah sekali dirawat oleh para pemula sekalipun. Anda cukup menyiramnya setiap tiga kali dalam seminggu, lalu pastikan untuk tidak menyimpannya di depan sinar matahari langsung karena bisa membuat tanaman ini cepat kering dan menguning.

4. Hoya

Hoya merupakan tanaman hias yang berasal dari India dan Asia Timur. Tanaman ini memiliki ciri khas yaitu tumbuh merambat, dengan tinggi yang bisa mencapai tiga meter. Yang membuat tanaman ini populer adalah penampilannya yang menarik dengan bunga berbentuk pola bintang dan sedikit berkilau. Hoya juga memiliki aroma yang wangi dan tumbuh yang sangat cepat. Karena itulah, tanaman ini sangat cocok dirawat oleh para pemula.
Dalam merawatnya, Anda cukup menyimpan tanaman ini di area yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan untuk menyiram hoya ketika tanahnya kering atau daunnya tampak agak mengerut.

5. Pohon dolar

Zamioculcas zamiifolia atau yang akrab disebut pohon dolar merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Timur. Tanaman hias ini dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang bisa bertahan dalam berbagai situasi; baik itu kering hingga paparan sinar dan tingkat kelembapan yang rendah.

Pohon dolar biasanya tumbuh hingga satu meter di dalam ruangan, dengan daun yang mengkilap. Ketika ditanaman di luar ruangan, tanaman hias ini biasanya akan menghasilkan bunga.

6. Philodendron

Tanaman hias terakhir yang cocok dirawat oleh pemula adalah philodendron. Disebut demikian, karena tanaman yang masuk dalam suku Araceae ini mudah sekali beradaptasi di berbagai lingkungan. Selain itu, philodendron juga memiliki bentuk dan warna daun yang indah, sehingga cocok untuk jadi penghias rumah yang sempurna.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan