Meski sudah dipastikan lolos, Timnas Italia menampilkan permainan terbaik ketika mengalahkan Timnas Armenia di babak Kualifikasi Piala Eropa 2019. Bermain di Stadion Renzo Barbera, Selasa (19/11/2019) dini hari WIB, ‘Gli Azzurri’ menang dengan skor telak 9-1 atas Timnas Armenia.

Total sembilan gol dari Italia, empat diantaranya datang dari brace yang masing-masing dicetak oleh Ciro Immobile di menit kedelapan dan 33, kemudian Nicolo Zaniolo di menit kesembilan juga menit ke-64.

Sementara lima lainya disumbangkan Nicolo Barella pada menit ke-29, Alessio Romagnoli di menit ke-72, sepakan penalti Jorginho menit ke-75, Riccardo Orsolini menit ke-77, dan Federico Chiesa di menit ke-81. Adapun tim tamu sempat membalas sekali lewat Edgar Babayan di menit ke-79.

Hasil tersebut memang sudah tak berpengaruh buat kedua tim. Italia sudah memastikan tiket lolos ke Piala Eropa, sebaliknya buat Armenia yang memang sudah tereliminasi dengan menempati peringkat empat.

Namun, buat tim arahan Roberto Mancini, kemenangan tersebut membuat mereka lolos dengan catatan sempurna 30 poin dari 10 pertandingan. Total 37 gol yang dicetak dan hanya kebobolan empat kali ikut menghiasi rekor bagus Gli Azzurri.

Kemenangan besar Italia atas Armenia dengan skor 9-1 tersebut pun sukses memecahkan rekor. Berikut lima diantaranya yang bisa disimak.

1. Zaniolo pencetak gol termuda AS Roma di Timnas Italia

Pada penampilannya yang kelima bersama Timnas Italia, mencetak dua gol dan satu asis tentu merupakan capaian luar biasa buat Nicolo Zaniolo. Namun, tak hanya itu capaian gelandang serang berusia 20 tahun tersebut.
Pada laga tersebut, Zaniolo sukses jadi pencetak gol termuda AS Roma di Timnas Italia (20 tahun 139 hari). Catatan tersebut mengalahkan Daniele De Rossi (21 tahun 42 hari), yang mencetak gol pada Piala Dunia 2010 kontra Paraguay.

2. Pertama kali Italia menang semua laga di babak kualifikasi

Seperti yang sebelumnya disebutkan, Italia berhasil lolos ke babak berikutnya dengan mengemas rekor sempurna 10 kemenangan dari 10 pertandingan. Total 37 gol dan cuma empat kali kebobolan juga menghiasi rekor bagus Gli Azzurri.
Konon, rekor sempurna menang 10 dari 10 laga tersebut merupakan yang pertama sepanjang sejarah Timnas Italia. Sebelumnya, Italia tak pernah menang keseluruhan sepuluh pertandingan di babak kualifikasi Piala Eropa atau Piala Dunia.

3. Italia catat 11 kemenangan beruntun

Kemenangan tersebut membuat Italia menang 11 kali beruntun. Adapun catatan tersebut merupakan yang terbanyak, setelah sebelumnya 10 kemenangan beruntun sudah memecahkan rekor yang terbanyak.
Sejak imbang 0-0 lawan Portugal, Italia sukses menang 1-0 atas Amerika Serikat kemudian masing-masing dua kali menghadapi Finlandia (2-0, 1-2), Liechtenstein (6-0, 0-5), Yunani (0-3, 2-0), Bosnia (2-1, 0-3), dan Armenia (1-3, 9-1).

4. Pertama kali sejak 1948 Italia cetak 9 gol

Mencetak total sembilan gol merupakan yang pertama buat Italia sejak 71 tahun terakhir. Adapun terakhir Gli Azzurri sukses sembilan kali menjebol gawang lawan dalam satu pertandingan kala menghadapi Timnas Amerika Serikat dengan skor 9-0 di Olimpiade.
Namun, sembilan bukan gol terbanyak Italia dalam satu pertandingan. Tepatnya Juni 1928, menghadapi Timnas Mesir, Italia sukses mencetak dua gol lebih banyak dengan kemenangan telak 11-3.

5. Rekor tujuh pencetak gol

Tak hanya mencetak sembilan gol, Italia sukses melakukannya lewat tujuh pemain berbeda. Ciro Immobile dan Nicolo Zaniolo mencetak dua gol, sedangkan Nicolo Barella, Alessio Romagnoli, Jorginho, Riccardo Orsolini, dan Federico Chiesa masing-masing satu angka.
Konon, tujuh pencetak gol berbeda dalam satu pertandingan merupakan yang terbanyak buat Timnas Italia. Catatan tersebut pun mungkin saja bakal sulit untuk direplikasi kembali di masa depan.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan