JAKARTA – Argentina memenangi duel klasik lawan Brasil dalam laga persahabatan di Arab Saudi. Lionel Messi menjadi pahlawan kemenangan La Albiceleste.

Laga Brasil vs Argentina digelar di Stadion King Saud University, Arab Saudi, Sabtu (16/11/2019) dini hari WIB. Brasil sebenarnya punya kans unggul lebih dulu saat mendapatkan penalti di menit kedelapan.

Tapi eksekusi Gabriel Jesus gagal berbuah gol. Argentina lantas memetik keunggulan di menit ke-14, juga dari situasi penalti. Eksekusi Messi mulanya ditepis, tapi berhasil dicocor lagi ke dalam gawang.

Di babak kedua, kedua tim saling menyerang untuk menciptakan gol. Tetapi hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan tercipta. Argentina menang 1-0 atas Brasil.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung bermain terbuka sejak pertandingan dimulai. Di menit-menit awal, Brasil lebih banyak mengambil inisiatif serangan.

Tim Samba mendapat peluang emas di menit ke-8 melalui tandangan penalti, usai Gabriel Jesus dilanggar German Pezzella di kotak penalti. Striker Manchester City tersebut maju sebagai eksekutor, namun bola sepakannya menyamping dari gawang dan gagal memberikan keunggulan untuk Brasil.

Empat menit berselang, giliran Argentina yang mendapat hadiah tendangan penalti akibat Lionel Messi dilanggar di kotak penalti. Eksekusi 12 pas La Pulga dapat ditahan kiper Alisson Becker.

Namun bola mentah malah meluncur ke arah Messi. Tanpa kesulitan, kapten Argentina tersebut langsung menceploskan bola ke gawang Brasil. Skor 1-0 untuk Tim Tango.

Tertinggal satu gol, Brasil semakin meningkatkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Tetapi rapatnya barisan pertahanan Argentina membuat bola gagal menembus gawang kiper Esteban Andrada.

Menjelang turun minum, Messi nyaris mencetak gol keduanya. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Brasil, ia berhasil mendapatkan bola dan berlari menyongsong gawang Alisson. Tetapi bola sepakannya masih bisa diamankan kiper Liverpool tersebut.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum

Di babak kedua, Argentina banyak memberikan ancaman ke gawang Brasil. Lucas Ocampos melakukan tusukan dari sisi kanan dan melepaskan tembakan. Namun bola masih melayang di atas mistar.

Messi kembali mengancam lewat sepakan tembakan bebas di menit ke-60. Tetapi bola tendangannya masih bisa dihalau keluar oleh Alisson.

Kiper Brasil tersebut kembali mampu meyelamatkan gawangnya dari ancaman pemain Argentina di menit ke-75. Tembakan kencang Rodrigo De Paul yang meluncur lurus ke arah gawang berhasil ditepis keluar oleh Alisson.

Tim Samba mencoba menyerang di menit-menit akhir pertandingan untuk menyamakan kedudukan. Tetapi tidak ada gol yang tercipta hingga pertandingan berakhir.

Laga tuntas dengan kemenangan Argentina 1-0.

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson Becker; Danilo, Eder Militao, Thiago Silva, Alex Sandro (Renan Lodi 64′); Arthur (Fabinho 55′), Casemiro (Wesley 86′), Lucas Paqueta (Philippe Coutinho 46′); Gabriel Jesus (Richarlison 71′), Roberto Firmino, Willian (Rodrygo Goes 71′)

Argentina: Esteban Andrada; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, German Pezzella, Juan Foyth; Giovani Lo Celso (Marcus Acuna 59′), Rodrigo De Paul (Nicolas Dominguez 90′), Leandro Daniel, Lucas Ocampos (Nicolas Gonzales 74′); Lautaro Martinez (Lucas Alario 88′), Lionel Messi

Editor: PARNA
Sumber: detiksport