Pameran otomotif roda dua bergengsi EICMA 2019 rampung dihelat sepanjang 7-10 November di Milan Italia. Meski sudah selesai, tapi euforia kemeriahannya masih belum memudar.

Ya sekedar mengingatkan, ada banyak deretan merek sepeda motor yang mejeng di sana. Namun setidaknya ada empat produk pabrikan yang sukses menuai respons positif konsumen di dunia. Nah apa saja motor tersebut, berikut kumparan rangkum beberapa modelnya.

Ducati Scrambler Desert X

Jenama asal Italia ini, coba mencuri perhatian dengan meluncurkan Ducati Scrambler Desert X. Secara desain, motor ini memang terinspirasi dari dari model ikoniknya, di ajang balapan Paris-Dakar pada 1990-an.

Motor yang masih menggunakan basis dari Ducati Scrambler 800 ini, diklaim punya tenaga maksimal 73 dk (daya kuda) pada 8.250 rpm, dan torsi maksimal berkisar 49 Nm pada 5.750 rpm. Biar seragam dengan konsepnya, beberapa aksesori seperti setang tinggi, ban off-road dan dimensi suspensi yang tinggi pun diaplikasikan.

Husqvarna Norden 901

Pabrikan asal Swedia yang terkenal dengan produk garuk tanahnya pun tak mau ketinggalan momentum. Di EICMA 2019, kali ini mereka memboyong Husqvarna Norden 91. Motor yang punya tampilan sebagai motor petualang ini dibekali mesin 889,5 cc yang juga digunakan di produk anyarnya KTM 890 Duke R.

Sebagai motor petualang, Husqvarna Norden 901 dibekali crash bar, engine guard, handle guard, windscreen adjustable dan lampu kabut di bagian depan. Kesan agresifnya makin muncul berkat penggunaan velg 21 inci di depan dan 18 inci di belakang dikawal suspensi berjenis upside down dan monoshock di bagian belakang.

KTM 390 Adventure

Masih dari pabrikan satu grup, KTM juga memperkenalkan motor massalnya yakni, KTM 390 Adventure. Bertema motor petualang, KTM 390 punya posisi berkendara yang berbeda dengan produk motor adventure lainnya. Ya, di motor bergaya petualang biasanya punya bobot kendaraan dan ketinggian tempat duduk yang cukup mengintimidasi.

Nah, pabrikan coba memanfaatkan momentum dengan meluncurkan motor yang ramah untuk pengendaranya tapi tetap mempertahankan DNA sebagai motor petualang. Secara tampilan, desainnya memang berbeda dengan KTM 390 biasa yang mengadopsi bahasa desain sporty.

Agar kesan adventure-nya kuat, pengaplikasian jarak suspensi depan panjang, setang lebar, ban dual purpose, windscreen hingga handguard jadi modal utama motor ini.

Dibekali mesin 397 cc, satu silinder, KTM 390 Adventure menjanjikan tenaga maksimal 44 dk pada 9.000 rpm dan torsi 37 Nm pada 7.000 rpm. Melihat output mesinnya yang cukup gahar, motor ini calon rival kuat dari BMW 310 GS.

Honda CBR1000RR-R


Jenama asal Jepang, Honda juga merilis motor super sport terbarunya, CBR1000RR-R. Motor yang punya tampilan dan teknologi serba baru ini dipastikan jadi bintang baru di segmen motor full fairing 1000 cc.

Mengadopsi desain dan teknologi dari Honda MotoGP, CBR 1000 terbaru ini dilengkapi dengan panel instrumen TFT Screen, suspensi dengan pengaturan elektrik, sensor lean angle 6 poros, winglet, dan peningkatan tenaga.

Dapur pacu motor ini dibekali mesin berkapasitas 1.000 cc, inline-4 dengan teknologi mesin v4 yang juga digunakan di tunggangan juara motoGP 2019, Marc Marquez, RC213V. Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 215 dk pada 14.500 rpm dan torsi 113 Nm pada 12.500 rpm.

 

Editor: PARNA

Sumber: kumparan