Kehadiran merek Mahindra di pasar otomotif Indonesia, nampaknya tinggal menghitung hari. Berdasarkan unggahan di akun Instagram resmi Mahindra Indonesia, jenama asal India tersebut akan meresmikan kembalinya ke pasar Indonesia pada Kamis (17/10) besok.

Dalam akun Instagram tersebut, menampilkan unggahan siluet foto dari big SUV Mahindra, yaitu Scorpio. Besar kemungkinan, Scorpio akan menjadi produk pertama yang dibawa oleh Mahindra untuk pasar Indonesia.

Mengacu pada situs resmi Mahindra di India, Scorpio hadir dalam 5 varian, yaitu S3, S5, S7, S9 dan S11. Dari kelima varian tersebut, Scorpio hadir dalam 2 pilihan mesin, yaitu mesin Diesel turbocharger berkapasitas 2.5 liter dan 2.2 liter.

Untuk mesin diesel turbocharger 2.5 liternya tersedia pada varian S3. Mesin ini menghasilkan tenaga 75 dk dengan torsi 200 Nm. Mesin tersebut akan dipadukan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan.

Sedangkan untuk pilihan mesin yang kedua, yaitu mesin diesel turbocharger 2.2 liter, memiliki 2 output tenaga yang berbeda. Untuk output yang pertama, tersedia dalam varian S5 dan S7, menjanjikan tenaga 120 dk dan torsi 280 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan.

Sedangkan untuk output mesin yang kedua, menjanjikan tenaga yang lebih besar, yaitu 140 dk dan torsi 320 Nm. Output kedua ini, akan dipadukan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan dan akan tersedia pada varian S7 dan S11.

Tidak hanya hadir dengan dua pilihan mesin dan dua pilihan sistem transmisi saja, Mahindra Scorpio juga tersedia dalam dua pilihan penggerak roda, yaitu Rear Wheel Drive (RWD) dan Four Wheel Drive (4WD).

Sebagai sebuah big SUV yang menyasar segmen atas, Scorpio tentu saja dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan dan keamanan. Adapun fitur-fitur tersebut, yaitu Dual Airbags, sistem rem ABS, Panic Brake Indication, Speed Alert, Emergency Call, Collapsible Steering Column dan Side Intrusion Beams, Seatbelt Reminder, Manual Override, Dynamic Reverse Camera, GPS, Immobilizer, serta Anti Theft Warning.

Di pasar India, Mahindra Scorpio tersebut dipasarkan dengan kisaran harga setara Rp 198 jutaan hingga Rp 329 jutaan.

Selain akan menghadirkan sebuah SUV, Mahindra rumornya juga akan memasukkan 2 pikapnya, yaitu Pik-Up Single Cab dan Pik-Up Double Cab. Kedua pikap tersebut sama-sama akan dibekali mesin turbodiesel berkapasitas 2.2 liter, yang menjanjikan tenaga 138 dk dan torsi 320 Nm.

Bila Mahindra Scorpio dan Pik-Up tersebut akan benar dihadirkan untuk pasar Indonesia, tentunya akan menarik untuk ditunggu.

Untuk Scorpio akan menjadi lawan yang serius bagi Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra, Isuzu MU-X, dan Chevrolet Trailblazer. Sedangkan untuk Pik-Up Single Cab dan Double Cab akan melawan Toyota Hi-lux, Mitsubishi Triton, dan Chevrolet Colorado.

 

Editor: PARNA

Sumber: kumparan