Manchester United meraih hasil apik dalam matchday 4 Liga Europa 2019/20. Menjamu FK Partizan di Old Trafford, Jumat (8/11/2019) dini hari WIB, United menang 3-0.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Mason Greenwood (22′), Anthony Martial (33′), dan Marcus Rashford (49′) untuk United. Berkat hasil ini, United sukses melaju ke babak 32 besar. Mereka bercokol di puncak klasemen Grup L dengan torehan 10 poin, unggul dua poin atas AZ Alkmaar.

Manchester United melakukan sedikit perubahan dalam susunan starting XI-nya di laga ini. Mason Greenwood, Juan Mata, serta Marcos Rojo tampil sejak awal, bersama Marcus Rashford, Anthony Martial, maupun Harry Maguire.

Di sisi lain, Partizan turun dengan skuat inti. Umar Sadiq dan Seydouba Soumah di depan, ditemani Takuma Asano, Aleksandar Scekic, Sasa Zdlejar, serta Bebraas Natcho di tengah. Strahinja Pavlovic dan Bojan Ostojic memimpin lini belakang.

Manchester United langsung menekan lini pertahanan Partizan dengan agresif sejak babak pertama dimulai. Rashford dan Martial menjadi motor serangan United di laga ini, ditopang oleh Mata dan Greenwood.

Walau menekan dengan agresif, United sempat kesulitan mencetak gol. Selain karena kurang klinisnya mereka dalam menyelesaikan peluang, lini pertahanan Partizan juga bermain rapat di awal babak pertama.

Partizan mampu menutup ruang-ruang di lini pertahanan mereka, sehingga menyulitkan para pemain depan United untuk berkreasi. Namun, perlahan-lahan celah mulai tampak di lini belakang mereka. Hal ini sukses dimanfaatkan United.

Pada menit 22, Rashford menginisiasi sebuah serangan. Ia lalu mengirimkan umpan ke kotak penalti, dan di sana Greenwood sudah menanti. Pemain muda United itu menerima bola, lalu menceploskannya ke gawang Partizan. Skor 1-0 untuk United.

‘Iblis Merah’ mulai bermain lepas setelah mereka mencetak gol pertama. Di sisi lain, Partizan justru panik. Ketenangan yang mereka tunjukkan di awal babak tidak tampak lagi. Celah semakin sering muncul di lini pertahanan mereka.

Akibatnya, Partizan harus rela gawangnya kebobolan lagi. Sebuah kesalahan di lini pertahanan Partizan terjadi pada menit 33. Martial sukses memanfaatkan kesalahan tersebut dan mencetak gol kedua United di laga ini.

Di sisa waktu babak pertama, Partizan berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Sementara, United pun tetap berupaya untuk menambah angka. Tapi, sampai babak pertama tuntas, skor 2-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, United masih memegang kendali laga. Mereka melancarkan serangan demi serangan ke lini pertahanan Partizan. Hal itu membuahkan hasil pada menit 49.

Ashley Young sukses menerima bola di sisi kanan pertahanan United. Ia langsung meneruskan bola ke Rashford yang berdiri bebas di kotak penalti. Sosok asal Inggris itu sukses membobol gawang Partizan dengan sepakan kaki kirinya. Skor 3-0 untuk United.

United pun bermain lebih santai setelah mereka unggul tiga angka. Di sisi lain, Partizan mulai bergerak. Mereka meningkatkan intensitas serangan. Mereka juga memasukkan Zoran Tosic dan Savo Milosevic untuk menambah kekuatan di lini serang.

erespons perubahan Partizan ini, United juga memasukkan pemain baru, James Garner. Tidak hanya Garner, United juga memasukkan Andreas Pereira di babak kedua ini.

Masuknya Garner dan Pereira ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan permainan ‘Iblis Merah’ yang sudah unggul tiga angka. Hasilnya memang apik. Mereka mampu meredam permainan agresif Partizan.

Tampak bahwa Partizan berusaha keras untuk memperkecil ketertinggalan di babak kedua ini. Masuknya Tosic memang membuat opsi serangan mereka bertambah. Beberapa upaya mereka lakukan. Sayang, beberapa upaya itu gagal berbuah gol.

Di sisi lain, United lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik di babak kedua. Upaya ini terus dilakukan United sepanjang babak kedua, dan mereka tak kunjung menambah angka hingga babak kedua tuntas.

Walau banyak menyerang, Partizan juga tidak mampu mencetak gol sampai babak kedua rampung. Alhasil, skor 3-0 tidak berubah, mengantarkan United pada kemenangan ketiganya di ajang Liga Europa 2019/20.

Editor: PAR
Sumber: kumparan