Siomai adalah kudapan ringan yang simpel dan mudah didapatkan di mana saja. Dari mulai kaki lima hingga ke hotel bintang lima. Siomai menjadi kudapan yang rasanya homey dan nyaman atau istiahnya comfort food, menemani kita di saat senggang jeda sebelum makan siang ataupun sore hari sebelum makan malam. Membuatnya pun mudah, cepat dan bisa dilakukan di rumah bersama anak-anak.

Kali ini aku ingin membuat versi kekinian dari resep siomai yang biasa dibuat di rumah yaitu Siomai Mentai. Siomai ayam udang aku padukan dengan saus mentai yang nikmat. Untuk sentuhan terakhir, siomai ini juga dibakar dengan menggunakan blow torch agar ada aroma smokey yang tercipta dan makin membangkitkan selera.

Siomai Mentai
Cara Membuat :

Lumatkan 250 gram daging paha ayam , 50 gram kol cincang halus, 2 sdm daun bawang, 3 siung bawang putih dengan menggunakan food processor.
Masukkan 200 gram udang kupas, lumatkan namun jangan terlalu halus.
Tambahkan 4 sdm tepung tapioka, 1 sdm minyak wijen dan 3 sdm air es.
Optional boleh apabila ingin dimasukkan juga wortel parut.
Bumbui dengan garam, merica, dan kaldu jamur.
Tata dalam kulit siomai dan kukus hingga matang. Sisihkan.

Untuk saus mentai:

Campur 5 sdm mayo jepang
2. 1 sdt minyak wijen,
2 sdm air jeruk nipis,
1 sdt sambal sriracha
2 sdm tobiko (telur ikan terbang)
Tambahkan topping saus mentai di atas siomai
Bakar dengan blow torch

Siomai adalah salah satu makanan yang menguji daya kreativitas kita. Siomai bisa dibuat dengan mengganti berbagai macam bahan baku dan juga toppingnya. Dengan itu kita bisa menciptakan siomai dengan berbagai varian yang berbeda.

Siomai ayam, jamur, udang, ikan tenggiri, dan banyak lagi. Topping-nya pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing . Diberi saus mentai, keju meleleh, bahkan mungkin rumput laut dan foie gras? Bukan tidak mungkin lho! Jadi bagaimana, sudah siap berkreasi membuat siomai favoritmu?

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan