Liverpool – Liverpool mendepak Arsenal di babak keempat Piala Liga Inggris. Berimbang 5-5 di waktu normal, The Reds menang 5-4 dalam adu penalti dan maju ke perempatfinal.

Bertanding di Anfield, Kamis (31/10/2019) dini hari WIB, Liverpool sempat mendapat gol cepat saat laga baru berjalan enam menit. Skhodran Mustafi membuat gol bunuh diri ke gawang Arsenal, lantaran salah mengantisipasi umpan tarik Alex Oxlade-Chamberlain. Tuan rumah unggul 1-0.

Namun Arsenal bisa membalas di menit ke-19. Lucas Torreira yang membobol gawang Liverpool. Berawal dari tekanan Arsenal di kotak penalti Liverpool, serangan diakhiri dengan sepakan Bukayo Saka yang bisa ditepis Caoimhin Kelleher. Namun Torreira bisa menyambarnya dan meneruskannya menjadi gol. Skor menjadi 1-1.

Arsenal bisa berbalik unggul menjadi 2-1 pada menit ke-26. Berawal dari pelanggaran kepada Martinelli, ia memanfaatkan kemelut hasil umpan tarik di depan gawang Liverpool.

Keunggulan Arsenal bertambah 10 menit berselang. Di menit ke-36, Martinelli kembali membobol gawang Liverpool, kali ini meneruskan umpan Bukayo Saka dari sisi kiri.

Liverpool sempat memperkecil ketertinggalannya di menit ke-43. Pelanggaran Martinelli kepada Harvey Elliott memberi Si Merah hadiah penalti, yang bisa dikonversi menjadi gol oleh James Milner. Skor 2-3 pun bertahan saat turun minum.

Di babak kedua, Arsenal bisa mencetak gol keempatnya. Pada menit ke-54, Milner membuat blunder yang berujung gol Ainsley Maitland-Niles. Skor menjadi 4-2 untuk keunggulan Arsenal.

Empat menit berselang, Liverpool bisa memperkecil skor lagi lewat Oxlade-Chamberlain. Dari luar kotak penalti, Oxlade-Chamberlain melepaskan tendangan roket yang mengirim bola bersarang ke gawang bekas klubnya. Skor menjadi 3-4.

Liverpool pun bersemangat. Pasukan Juergen Klopp pun bisa menyamakan skor menjadi 4-4 pada menit ke-62 lewat Divock Origi. Mendapat sodoran Curtis Jones, Origi melepaskan tendangan kaki kanan yang gagal dibendung Emiliano Martinez.

Namun Arsenal bisa kembali unggul delapan menit berselang. Joe Willock membuat gol indah dengan sepakan keras dari luar kotak penalti dalam skema serangan balik. Bolanya menghujam deras ke gawang tanpa bisa diantisipasi Kelleher.

Arsenal mengendurkan serangannya usai berbalik unggul. Sementara Liverpool gantian menekan, namun cukup kesulitan membongkar pertahanan lawan. Peluang sempat hadir di menit ke-89 lewat Rhian Brewster, namun upayanya masih melenceng.

Di injury time, tepatnya di menit ke-90+4, Liverpool bisa menyamakan skor menjadi 5-5. Origi mencetak gol keduanya, memanfaatkan assist Neco Williams dari sisi kanan. Sepakan setengah salto Origi mengirim bola masuk ke gawang Arsenal. Skor bertahan hingga peluit panjang, sehingga harus dilanjutkan ke babak penalti.

Di babak tos-tosan, Liverpool menang 5-4 setelah satu penendang Arsenal, Ceballos, gagal menaklukkan Kelleher usai sepakannya bisa ditepis. Hasil ini membuat Liverpool maju ke perempatfinal, menyusul Manchester City yang sebelumnya juga berhasil ke delapan besar.

Susunan Pemain

Liverpool: Kelleher, Williams, Gomez, Van den Berg, Milner, Oxlade-Chamberlain (Chirivella 81′), Lallana, Keita (Jones 55′), Elliott, Brewster, Origi

Arsenal: Martinez, Kolasinac (Tierney 83′), Holing, Mustafi, Bellerin, Lucas (Ceballos 72′), Maitland-Niles, Oezil (Guendouzi 65′), Bukayo Saka, Willock, Martinelli

 

Editor: PAR
Sumber: detiksport