Honda, pabrikan otomotif asal Jepang, meluncurkan motor gede termahalnya, Gold Wing, di Tokyo Motor Show 2019. Motor yang generasi keenamnya diluncurkan pada tahun 2018 itu, akan mendapatkan peningkatan fitur dan kemampuan bermanuver pada kecepatan rendah.

Dilansir dari powersporthonda, motor ini akan diluncurkan dalam lima versi, yaitu Gold Wing 2020 Standar, Gold Wing 2020 Automatic DCT, Gold Wing 2020 Tour, Gold Wing 2020 Automatic DCT, dan Gold Wing Tour Airbag Automatic DCT.

Menyoal fitur hiburan, terpasang sistem panel instrumen Apple CarPlay pada dasbor kemudi yang dapat terhubung dengan iPhone. Lalu, ada sistem informasi dan navigasi bernama NAVI. Ada pula sistem audio dengan kontektor USB dan headset bluetooth.

Secara tampilan, perbedaan mencolok terdapat pada Gold Wing 2020 versi Tour, yang memiliki fitur jok belakang dengan sandaran dan pegangan penumpang yang lebih besar. Selain itu ada juga sistem keselamatan airbag.

Dari segi tampang, tidak ada perubahan yang signifikan dari versi 2018. Bagian muka Gold Wing 2020 masih mempertahankan headlamp yang besar dan lampu sein di kaca spion. Lampu-lampu juga masih menggunakan LED.

Bicara jantung mekanis, Gold Wing 2020 menggendong mesin enam silinder 1.883cc yang telah ditingkatkan, tapi dengan tenaga dan torsi maksimum yang masih sama dengan versi sebelumnya.

Masuk ke transmisi, Gold Wing 2020 Standar dan Gold Wing 2020 Tour disematkan transmisi 6 kecepatan manual, sementara tiga lainnya mengusung Dual-Clutch Transmission (DCT) 7-percepatan.

Transmisi otomatis DCT mampu meningkatkan kemampuan manuver kecepatan rendah, dengan dibantu injeksi bahan bakar dioptimalkan. Lebih jauh, transmisi DCT generasi ketiga ini juga diklaim membuat perpindahan gigi lebih halus.

Dari segi kaki-kaki, sistem suspensi juga diperhalus pada setiap versinya. Namun masih menggunakan model Double Wishbone pada suspensi depan dan Pro Link pada suspensi belakang.

Sebelumnya, Honda Gold Wing generasi keenam sudah mengaspal di Indonesia dan diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Saat itu, motor legendaris premium ini terjual sebanyak 16 unit selama 8 hari pameran berlangsung.

Motor yang generasi pertamanya diproduksi tahun 1974 ini juga digunakan oleh Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres). Oleh karenanya, menarik jika AHM juga memboyong Gold Wing 2020 ke Indonesia. Kira-kira berapa banderolnya?

Vietnam Datang, Indonesia Terancam

Edisi ketiga OTOHITZ mengangkat Vietnam yang coba mengancam industri otomotif Tanah Air. Ada pula ulasan Kawasaki KLX 230 dan city car listrik BMW. Tak lupa kami suguhkan tips ringan otomotif, ulasan motor kustom, Fortuner bekas dan aftermarket.

Spesifikasi Lengkap Honda Gold Wing 2020:
Mesin: Liquid-cooled 4-stroke 24 valve SOHC flat-6
Kapasitas Mesin: 1.833cc
Rasio kompresi: 10,5:1
Daya maksimum: 124 dk per 5500 rpm
Torsi maksimum: 170 Nm per 4500 rpm
Kapasitas oli: 4.4 liter untuk tipe MT dan 5.6 liter untuk tipe DCT
Karburasi: PGM-FI electronic fuel injection
Kapasitas tangki bahan bakar: 21.1 liter
Konsumsi bahan bakar: 5,6 liter per 100 km
Transmisi: 6 kecepatan untuk tipe MT dan 7 kecepatan untuk DCT
Suspensi depan: Double Wishbone
Suspensi belakang: Pro Link
Roda depan: 130/70 R18
Roda belakang: 200/55 R16
Pengereman: Sistem ABS electronic controlled


 

Editor: PAR
Sumber: kumparan