Doktersehat.com – Asupan vitamin dan nutrisi saat hamil sangat penting karena akan berpengaruh terhadap ibu dan janin. Salah-salah, bisa berakibat fatal pada janin. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan vitamin ibu hamil berikut ini:

1. Vitamin A

Manfaat vitamin A saat hamil adalah mempertahankan yang yang melapisi paru-paru untuk melindungi janin dari polutan. Vitamin A bisa didapatkan melalui wortel, bayam, brokoli, susu, telur, kentang, dan labu.

Meskipun demikian, terlalu banyak vitamin A bisa berbahaya karena larut dalam lemak. Tubuh menyimpan lemak berlebih di hati, sehingga ini bisa menyebabkan kerusakan hati, bahkan cacat pada bayi.

2. Vitamin C

Peran vitamin C untuk ibu hamil yaitu untuk perkembangan otak dan mental. Vitamin C membantu penyerapan zat besi yang penting untuk ketersediaan oksigen, distribusi sari makanan, dan pertumbuhan plasenta janin.

Vitamin C alami bisa didapatkan melalui brokoli, kentang, stroberi, jeruk, kubis, paprika merah, paprika hijau, dan blackcurrant.

3. Vitamin D

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium pada tubuh ibu hamil. Kalsium mendukung perkembangan jantung, otot, dan saraf janin. Kekurangan vitamin D saat hamil berkaitan dengan risiko operasi caesar, kelahiran prematur, preeklampsia, dan diabetes gestasional.

4. Vitamin E

Vitamin yang perlu dikonsumsi ibu hamil lainnya yaitu vitamin E yang bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Vitamin E juga diperlukan untuk membantu mendistribusikan sari makanan untuk janin melalui plasenta.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin E adalah brokoli, alpukat, kacang-kacangan, tauge, bayam, dan minyak sawit.

5. Vitamin H

Sebagian besar orang mungkin asing dengan vitamin H, padahal ini dikenal sebagai biotin dan termasuk ke dalam vitamin B kompleks. Vitamin ini diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Kekurangan vitamin H bisa menyebabkan ruam, rambut rontok, halusinasi, dan depresi. Vitamin H bisa didapatkan melalui alpukat, jamur, salmon, kacang almond, kacang kenari, keju, susu, kembang kol, dan mentimun.

6. Vitamin K

Kekurangan vitamin K saat hamil berisiko terkena pendarahan defisiensi vitamin K (VKDB). Ini bisa menyebabkan pendarahan ke otak dan bahkan kematian.

VKDB dapat dicegah dengan memberikan vitamin tambahan kepada bayi yang baru lahir. Makanan yang mengandung vitamin K terdiri dari sayuran berdaun hijau, bayam, kubus, daging, susu, keju, dan yogurt.

7. Asam Folat

Asam folat merupakan vitamin B yang memiliki peran integral dalam sintesis DNA, produksi sel darah merah, dan perkembangan janin. Bisa didapatkan melalui sayuran hijau, brokoli, asparagus, kacang tanah, kacang almond, kacang polong, alpukat, buah bit, jeruk, dan seledri.

Itu dia beberapa vitamin yang wajib dipenuhi selama hamil. Asupan yang tepat akan membuat ibu dan janin sehat. Anda juga bisa mendapatan informasi dan tips kehamilan lainnya di www.doktersehat.com.

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan