Liverpool – Liverpool kembali menjauh di puncak klasemen Liga Inggris usai mengalahkan Tottenham Hotspur. Tertinggal di babak pertama, The Reds menang 2-1.

Pada pertandingan di Anfield, Minggu (27/10/2019) malam WIB, Liverpool kebobolan di menit pertama oleh gol Harry kane dan bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Jordan Henderson mencetak gol penyama kedudukan sebelum penalti Mohamed Salah mengukuhkan tiga poin tuan rumah.

Liverpool melebarkan jarak lagi dengan Manchester City di puncak klasemen menjadi enam angka. Si Merah punya 28 poin dari 10 laga. Sementara, Spurs di posisi ke-11 dengan 12 poin.

Jalannya pertandingan

Baru semenit laga berjalan, Spurs sudah mengejutkan publik tuan rumah ketika mampu unggul 1-0. Berawal dari pergerakan Moussa Sissoko yang gagal diantisipasi barisan belakang Liverpool, dia mengoper bola kepada Son Heung-Min.

Dari sisi kiri, Son menusuk dan menembak kencang yang membuat bola menghantam tiang. Bola muntah mengarah ke Kane yang mudah saja menjebol jala Alisson Becker.

Liverpool Vs Tottenham: Comeback, The Reds Menang 2-1

Setelah unggul, Spurs banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik. Liverpool lantas kesulitan membongkar pertahanan Spurs. Berkali-kali upaya untuk mencetak gol gagal.

Pada menit ke-27, Liverpool mendapat peluang pertamanya. Roberto Firmino mengoper kepada Mohamed Salah yang melakukan cut-in dan melepaskan sepakan melengkung yang bisa ditepis Paul Gazzaniga.

Bola rebound jatuh di kaki Firmino yang menyepak ke tiang dekat tapi Gazzaniga berhasil mengadangnya.

Dua menit kemudian giliran Virgil van Dijk yang peluangnya digagalkan Gazzaniga. Dari free kick Trent Alexander-Arnold, bola disundul Van Dijk namun Gazzaniga dengan sigap men-tipnya.

Sadio Mane membuang peluang emas ketika menyambut crossing Trent di kotak penalti. Berdiri dalam posisi bebas, bola sundulan Mane menyamping tipis.

Tak ada gol tercipta lagi dan Spurs tetap unggul 1-0 saat turun minum.

Laga babak kedua berjalan sengit sejak awal karena kedua tim sudah bertukar serangan. Pada menit ke-48, Andrew Robertson dari sisi kiri mengirimkan umpan ke kotak penalti dan Firmino yang menyelinap di antara dua bek Spurs, menyundul bola meski masih ditepis Gazzaniga.

Spurs membalas lewat serangan balik ketika bola tendangan gawang Gazzaniga mengarah ke Son yang lepas dari kawalan Dejan Lovren. Beruntung sepakan Son masih menerpa mistar.

Liverpool akhirnya menyamakan skor pada menit ke-52 lewat kaptennya Henderson. Bola liar hasil umpan Fabinho yang gagal disapu barisan belakang Spurs jatuh di jalur Henderson yang langsung melepaskan sepakan voli. Bola memantul tanah dan mengarah ke tiang jauh.

Liverpool Vs Tottenham: Comeback, The Reds Menang 2-1

Liverpool makin bernafsu mencetak gol lagi setelah itu, tapi Gazzaniga bermain cemerlang di bawah mistar Spurs. Ada total tujuh attempts dibuat Liverpool di babak ini.

Salah membuang peluang pada menit ke-70 ketika bola korner Trent disambut dengan sepakan kaki kiri, tapi bola malah melebar.

Upaya Liverpool untuk mencetak gol lagi berbuah hasil ketika Serge Aurier melanggar Mane yang melakukan penetrasi ke kotak penalti. Eksekusi 12 pas dijalankan sempurna oleh Salah dan membuat Liverpool berbalik memimpin 2-1 di menit ke-75.

Liverpool Vs Tottenham: Comeback, The Reds Menang 2-1

Salah akhirnya harus ditarik keluar di lima menit terakhir karena mengalami masalah pada engkelnya. Spurs coba memanfaatkan situasi itu dengan bermain agresif, termasuk memainkan Lucas Moura.

Satu peluang didapat Danny Rose tapi sepakannya masih melayang di atas mistar di menit ke-88. Demikian pula dengan peluang Son yang bola sepakannya mengarah ke pelukan Alisson.

Liverpool akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum (James Milner 77′), Fabinho, Jordan Henderson; Sadio Mane, Roberto Firmino (Divock Origi 94′), Mohamed Salah (Joe Gomez 85′).

Tottenham: Paulo Gazzaniga; Serge Aurier (Lucas Moura 84′), Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Danny Rose; Harry Winks (Tanguy Ndombele 63′), Moussa Sissoko; Son Heung-min, Christian Eriksen, Dele Alli; Harry Kane.

Editor: PAR
Sumber: detiksport