Marc Marquez berhasil jadi yang tercepat di MotoGP Australia 2019 pada Minggu (27/10/2019) siang WIB. Kemenangan itu diwarnai dengan crash yang dialami Maverick Vinales di lap pemungkas. Sementara posisi kedua diraih Cal Crutchlow dan Jack Miller di peringkat ketiga.

Meski start di garda terdepan, Vinales memulai balapan dengan buruk dengan buruk. Di tikungan pertama, tercatat ada lima pebalap yang mendahuluinya.

Valentino Rossi jadi yang terdepan. Disusul Cal Crutchlow serta Andrea Iannone di belakangnya. Marc Marquez ada di posisi keempat dan Aleix Espargaro pada peringkat kelima.

Susunan itu tak bertahan lama. Di lap keempat, Rossi disalip Crutchlow dan Iannone. Nama yang disebut belakangan kemudian sukses melakukan overtake dan merangsek ke posisi pertama.

Di plot yang berbeda, Fabio Quartararo serta Danilo Petrucci mesti mengakhiri pertandingan secara prematur karena keluar dari trek.

Sementara itu, Vinales mulai comeback di lap 13. Ia menjadi yang tercepat dan menambah keunggulan 0,3 detik. Konstelasinya menjadi demikian: Vinales di posisi pertama, Marquez kedua, dan Crutchlow ketiga. Namun, perebutan posisi pertama terjadi antara Vinales dan Marquez.

Dari lap ke-23, pebalap asal Spanyol saling tempel. Hingga akhirnya lap terakhir jadi milik Marquez, tepatnya saat trek lurus di garis start.

Apes nian nasib Vinales. Sudah kehilangan posisi pertama, ia malah terjatuh di detik-detik akhir. Vinales terpelanting usai melewati tikungan.

Alhasil, Marquez yang melaju tanpa ancaman pun finis di posisi pertama. Disusul Crutchlow di peringkat kedua, serta Jack Miller. Ya, pebalap berusia 24 tahun itu sukses mengungguli Francesco Bagnaia, Joan Mir, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, serta Rossi.

Oh, iya, Miller sekaligus jadi pebalap Australia pertama yang naik podium setelah Casey Stoner pada 2012.

 

Editor: PAR
Sumber:  kumparan