Pilihan tanaman yang bisa diletakkan dalam kamar. Foto: Shutterstock
Ladies, beberapa tahun belakangan ini tanaman memang tengah menjadi tren dalam urusan dekorasi rumah. Selain bisa menjadi opsi untuk mempercantik setiap ruangan dalam rumah Anda, tanaman juga memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah tanaman dapat meningkatkan kualitas udara sebanyak 25 persen jika diletakkan dalam ruangan kecil.
Sebuah studi dari NASA juga menyatakan ada sejumlah tanaman yang dapat membersihkan udara dari racun, serta wanginya bisa memberikan efek ketenangan yang berujung pada kualitas tidur terbaik.
Jadi supaya Anda bisa mencoba dan membuktikannya di rumah, berikut kumparanWOMAN telah merangkum lima tanaman yang manfaat dan bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak seperti dikutip dari Cosmopolitan. Apa saja?

Areca Palm


Salah satu varian tanaman palem ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Menurut situs The Joy of Plants, sebuah inisiasi untuk mengkampanyekan tanaman di Eropa, Areca Palm merilis cairan ke udara pada malam hari.
Jadi kalau Anda meletakkannya di kamar, tanaman ini akan membantu saluran pernafasan menjadi lebih longgar, sehingga kita bisa lebih mudah bernafas saat tidur. Areca Palm sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang flu dan pilek atau bahkan menderita sinusitis Ladies.

Aloe Vera


Ladies tentu sudah tahu bahwa aloe vera merupakan bahan alami yang baik untuk kulit dan rambut. Namun tahukah Anda jika tanaman bergerigi yang satu ini juga dapat membersihkan udara?
Ya, NASA lewat penelitiannya mengungkapkan bahwa aloe vera merupakan tanaman terbaik yang bisa melakukan air purifying atau pembersihan udara karena menghasilkan oksigen saat malam hari. Jadi tubuh bisa jadi lebih sehat dan tidur lebih nyenyak.

Melati


Bunga putih dengan wangi khas yang satu ini juga bisa membuat Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Tak hanya bisa dijadikan campuran teh atau dijadikan aksesori untuk pengantin, wangi bunga melati bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.
Penelitian psikologis di Wheeling Jesuit University di Virginia Barat, Amerika Serikat menyatakan bahwa orang yang menghirup wangi bunga melati setiap malam, tidurnya akan jadi lebih nyenyak ketimbang yang tidak.
Jadi segera ganti dekorasi estetik dari bunga kering di kamar Anda dengan tanaman bunga melati segar ya Ladies.

Lavender


Tanaman dengan bunga ungu yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi manfaat wanginya. Jika diletakkan dalam kamar, tanaman ini bisa membuat Anda pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh jadi lebih rileks. Dua hal ini sangat dibutuhkan jika Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak.
Oleh karena itu, tak heran jika lavender banyak digunakan pada produk essential oil, aroma terapi, atau pengharum ruangan karena wanginya yang menenangkan.

Lidah Mertua


Tanaman yang sering kita jumpai di jalanan kota ini memiliki nama yang unik, yaitu lidah mertua.Peletakkan lidah mertua di trotoar jalanan bukan tanpa maksud. Tanaman yang memiliki ujung runcing ini ternyata dapat menyerap debu, pulusi, karbon dioksida, dan racun-racun yang ada di udara.

Selain itu, lidah mertua juga bisa menyerap senyawa-senyawa berbahaya di udara yang biasanya dihasilkan oleh perlengkapan rumah tangga. Lidah mertua juga menghasilkan banyak oksigen saat malam hari. Jadi tanaman ini sangat kaya akan manfaat bila diletakkan di kamar karena oksigen yang dihasilkan membuat kita bisa tidur dengan lebih nyenyak dan tanaman ini juga bisa menyerap racun di udara yang berasal dari skin care atau parfum kita.

 

Editor: PAR
Sumber:  kumparan