CEO dan Founder Amazon, Jeff Bezos, bukan lagi orang terkaya di dunia. Posisi Bezos di puncak daftar orang terkaya di dunia lengser setelah nilai saham Amazon mengalami penurunan dalam bursa perdagangan usai penutupan.

Menurut laporan Forbes, saham Amazon turun 7 persen sehingga membuat kekayaan Bezos turun ke angka 103,9 miliar dolar AS. Turunnya saham Amazon juga terjadi setelah perusahaan melaporkan pendapatan kuartal ketiganya.

Dengan begitu, kini Co-Founder Microsoft, Bill Gates, kembali menjadi orang terkaya di dunia menggeser posisi Bezos. Kekayaan Gates saat ini berada di angka 105,7 miliar dolar AS.

Bezos menjadi orang terkaya di dunia pada 2018, menggeser Gates yang selama 24 tahun menguasai gelar tersebut. Namun, kini ternyata posisi Gates kembali di atas dan Bezos di posisi kedua.

Meski begitu, turunnya kekayaan Bezos juga bukan hanya disebabkan turunnya nilai saham Amazon. Sebelumnya, Bezos telah memindahkan seperempat saham Amazon miliknya kepada mantan istrinya MacKenzie Bezos sebagai bagian dari kesepakatan cerai. Hal itu membuat MacKenzie memiliki kekayaan sebesar 32,7 miliar dolar AS dan masuk dalam daftar 20 besar orang terkaya di dunia.

Amazon sendiri saat ini sedang berinvestasi dalam bidang logistik dan infrastruktur pengiriman barang. Tujuan utama mereka adalah menghadirkan layanan pengiriman satu hari sampai untuk pelanggan Amazon Prime.

Sementara itu, Bill Gates telah keluar dari Microsoft sejak 2014, ketika dirinya mundur dari posisi Chairman. Meski ia masih anggota dewan perusahaan, Gates telah menjual atau memberikan sebagian besar saham Microsoft miliknya.

Saat ini, Bill Gates adalah Co-Chairman dari Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, yang ia dirikan bersama istrinya dengan misi kemanusiaan.

Bill Gates pertama kali masuk daftar miliarder Forbes pada 1987 dengan kekayaan saat itu 1,25 miliar dolar AS. Sedangkan Bezos pertama kali masuk daftar The Forbes 400 pada 1998, satu tahun setelah Amazon melakukan IPO dengan kekayaan 1,6 miliar dolar AS

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan