Jakarta – Air putih banyak manfaat untuk tubuh. Jangan menyepelekan minum air putih ini.

Umumnya, manusia disarankan minum dua liter air setiap hari. Hal ini untuk memenuhi cairan di dalam tubuh.

Berikut manfaat minum air putih:

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Minum air putih dapat bermanfaat untuk kecantikan. Air putih dapat membantu melembabkan kulit secara alami. Sebab air putih bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit.

2. Mengeluarkan Racun

Manfaat minum air putih lainnya apalagi pada pagi hari yakni dapat mengeluarkan racun. Makanan atau minuman yang kamu konsumsi akan menghasilkan racun.

Nah air putih dapat digunakan untuk membantu mengeluarkan racun-racun tersebut serta zat-zat lain yang ada di dalam tubuh. Racun dan zat lain ini dikeluarkan lewat keringat atau urine. Tubuh pun dapat terhindar dari penyakit, salah satunya penyakit batu ginjal.

3. Menurunkan Berat Badan

Minum air putih dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan minum air putih sebelum tidur akan mencegah kamu mengonsumsi atau ngemil makanan yang tak sehat dan pada akhirnya membuat berat badan naik. Hal ini tentunya bagus untuk diet kamu.

Namun, tidak semua orang dianjurkan untuk minum air putih sebelum tidur. Orang yang mengalami penyakit jantung atau pun gangguan fungsi ginjal biasanya diatur asupan cairannya, untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi. Diingat juga, jika kamu minum air putih cukup banyak sebelum tidur kamu akan terganggu karena ingin buang air kecil di tengah tidur.

4. Meredakan Batuk dan Pilek

Manfaat minum air putih lainnya yakni meredakan batuk dan pilek. Saat batuk dan pilek, kamu akan merasa tidak nyaman. Batuk yang berdahak, membuat dahak akan memenuhi tenggorokan. Sementara pada saat pilek, hidung akan tersumbat.

Redakan batuk dan pilek dengan minum air putih hangat. Air hangat berperan sebagai antibiotik alami yang dapat melegakan hidung dan tenggorokan.

5. Menghilangkan Mual Ibu Hamil

Ibu hamil sering merasakan mual pada awal kehamilan. Minum air putih hangat untuk membantu meredakan rasa mual.

6. Mengurangi Rasa Lelah

Tubuh yang lelah dan lesu bisa jadi disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Kelelahan merupakan tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi. Atasi dengan minum air putih tiga gelas, kemudian biarkan tubuh beristirahat.

7. Menjaga Pertumbuhan Rambut

Manfaat minum air putih lainnya yakni menjaga pertumbuhan rambut. Dehidrasi dapat merusak pertumbuhan rambut. Dengan minum air putih dapat memberikan nutrisi pada rambut dari dalam hingga luar. Asupan air yang tidak cukup dapat membuat rambut rapuh dan tipis.

 

Editor: PAR
Sumber: detikhealth