Raja Carl XVI Gustaf dan Putri Mahkota Victoria, Raja Philippe dan Ratu Mathilde, Pangeran Mahkota Frederik dan Putri Mahkota Mary. Foto: Koji Sasahara/ AFP, Carl Court/ POOL/ AFP

Kaisar Naruhito telah melakukan ritual penobatan di Imperial Palace di Tokyo dan secara resmi menjabat sebagai kaisar Jepang pada Selasa (22/10). Ia menggantikan ayahnya, Kaisar Akihito, yang sudah menjabat sebagai kaisar Jepang selama 30 tahun.

Permaisuri Masako menunjukkan kecantikan khas permaisuri Jepang dengan riasan yang natural. Rambutnya disasak

dan disanggul, lalu dihiasi dengan hiasan kepala yang biasa dipakai oleh permaisuri saat acara penobatan kaisar.

 

Ritual tersebut disaksikan oleh tamu undangan yang merupakan anggota-anggota kerajaan dan pejabat penting pemerintahan dari 180 negara, termasuk Indonesia yang diwakili oleh Wakil Presiden baru, Ma’ruf Amin. Setiap tamu yang datang mengenakan baju adat atau baju kebangsaan masing-masing negara.

Beberapa di antaranya adalah Pangeran Charles dari Inggris yang datang sendiri tanpa didampingi oleh Duchess of Cornwall. Ia mengenakan setelan tuxedo dan kemeja putih. Ada juga Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia yang hadir bersama Putri Mahkota Victoria yang tampil anggun mengenakan gaun panjang berwarna navy dengan topi fascinator berwarna senada.

Selanjutnya ada Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda. Pada acara ini Ratu Maxima terlihat begitu menawan dalam balutan gaun abu-abu dengan detail bunga lengkap dengan fascinator-nya.

Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia juga turut hadir memenuhi undangan. Sang ratu mengenakan gaun berwarna nude dengan aksen cape. Tampilannya ini dilengkapi dengan topi fascinator dan clutch berwarna senada.

Sedangkan Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dan Ratu Jetsun Pema dari Bhutan hadir mengenakan busana adat Bhutan yang bernuansa merah, oranye dan kuning dengan detail motif yang khas. Turut hadir pula Presiden India RamNath Kovind (C) dan istrinya Savita yang tampil mengenakan busana khas India berupa sari dengan nuansa gold dan pink.

Siapa saja tamu kerajaan yang hadir serta melihat bagaimana penampilan elegan mereka, berikut kumparanWOMAN telah merangkum beberapa potret tamu-tamu yang hadir pada acara penobatan Kaisar Naruhito.

 

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan