Jakarta – Racikan kopi untuk sarapan ini selain nikmat juga tinggi vitamin dan antioksidan. Ada padu padan kayu manis, jamur, sampai kunyit yang baik untuk tubuh.

Racikan kopi untuk sarapan dibuat banyak orang setiap hari. Kopi bisa memberi dorongan energi untuk memulai hari. Sekaligus membantu seseorang lebih fokus dalam menjalani aktivitas harian. Kopi disebut-sebut bisa membangunkan sel-sel dalam otak.

Selain itu, kopi memiliki banyak manfaat lain saat dikonsumsi pagi hari. Misalnya saja berfungsi sebagai probiotik untuk merawat bakteri baik dalam usus. Konsumsi kopi bisa mengatur gerakan pada usus yang pada akhirnya membantu melindungi usus dari serangan bakteri jahat dan penyakit yang bersumber dari usus.

Meski kopi sudah mengandung antioksidan, ada cara lain untuk menambahkan antioksidan dan vitamin ke dalam kopi. Manfaat kopi jadi lebih hebat seperti menyehatkan jantung dan mengatasi nyeri otot. Healthline (21/10) merangkum informasinya seperti berikut.

Foto: iStock

1. Kayu manis untuk sehatkan jantung
Racikan kopi untuk sarapan bisa menggunakan kayu manis. Rempah ini terkenal dengan manfaat sehatnya termasuk untuk menyehatkan jantung. Kayu manis tinggi antioksidan dengan senyawa protektif berjumlah 41. Jika dibandingkan dengan rempah-rempah lain, kayu manis adalah yang paling tinggi antioksidannya.

Penelitian pada tikus menunjukkan konsumsi kayu manis berkaitan dengan proteksi pada jantung dan otak. Penelitian pada sel manusia menyarankan konsumsi kayu manis juga bisa menurunkan risiko kanker dan meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk meracik kopi dan kayu manis, tambahkan 1/2 sendok teh (sdt) bubuk kayu manis ke dalam racikan kopi hitam Anda lalu aduk rata. Atau seduh kopi bubuk bersamaan dengan 1 sdt bubuk kayu manis. Gunakan kayu manis Ceylon yang kualitasnya lebih baik dibanding kayu manis cassia.

Foto: iStock

2. Jahe untuk nyeri otot
Otot-otot sering sakit? Coba manfaatkan jahe untuk mengatasinya. Jahe tergolong rempah kaya khasiat dengan aroma yang khas. Rasa pedasnya juga membuat banyak orang ketagihan meminum jahe.

Jahe terkenal dengan manfaatnya untuk kurangi mual. Jahe juga merupakan sumber antioksidan kuat dan senyawa antiinflamasi. Karenanya jahe mampu atasi nyeri otot, turunkan kolesterol, dan sehatkan pencernaan.

Tambahkan 1 sdt jahe ke dalam secangkir kopi Anda. Gunakan parutan jahe halus agar racikan akhirnya lebih enak. Anda bisa menyimpan parutan jahe ini dari malam sebelumnya di freezer kulkas.

Foto: iStock

3. Jamur untuk sehatkan tubuh
Racikan kopi untuk sarapan selanjutnya adalah kopi jamur. Kopi ini bukanlah hal baru di kalangan pencinta kopi. Penambahan jamur memberi efek kesehatan luar biasa. Sebab jamur bersifat antiviral, antiinflamasi, dan meningkatkan sistem imun tubuh. Tak hanya itu, jamur tinggi antioksidan sehingga bersifat antikanker.

Manfaat lainnya berdasarkan penelitian konsumsi jamur pada tikus, jamur bisa cegah penyakit liver dan menyehatkan pencernaan karena prebiotiknya yang kuat. Di luar negeri sudah ada kopi jamur instan yang jadi pencinta hidup sehat

Jamur yang kerap dipakai adalah Cordyceps dan Reishi. Lebih praktis saat Anda membeli bubuk jamur kemasan atau bahkan kopi jamur instan yang sudah jadi.

Foto: iStock

4. Kunyit untuk melancarkan pencernaan
Kunyit mengandung senyawa curcumin yang sangat baik untuk kesehatan. Curcumin merupakan antioksidan yang kuat dan memiliki senyawa antiinflamasi. Konsumsi kunyit mendukung detoksifikasi liver, melancarkan pencernaan, dan bahkan bantu atasi depresi.

Untuk menambah manfaat sehat, kunyit bisa disandingkan dengan sejumput lada hitam. Lada ternyata meningkatkan bioavailability kunyit yang membuat rempah kuning ini lebih efektif meski dikonsumsi dalam dosis kecil.

Kopi plus kunyit bernama turmeric latte sempat populer di Inggris. Minuman ini memadukan espresso latte dan bubuk kunyit. Tampilan turmeric latte berwarna kuning muda dengan aroma rempah yang khas.

Foto: iStock

5. Kakao untuk cegah stress
Paduan kopi dan cokelat sungguh istimewa. Teksturnya creamy dengan rasa pekat yang enak. Kalau mau lebih sehat, coba tambahkan bubuk kakao mentah dalam secangkir kopi. Kakao adalah superfood yang merupakan sumber antioksidan dan zat besi yang baik.

Kakao bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat. Manfaat lainnya adalah kakao bersifat antidepresif yang baik untuk kesehatan otak.

Campuran kopi dan kakao bisa disebut mocha. Sangat pas dijadikan racikan kopi untuk sarapan. Untuk membuat mocha sehat, campurkan 1 sendok makan (sdm) kakao mentah ke dalam secangkir kopi. Kalau ada, pilihlah kakao mentah organik untuk mendapat manfaat kesehatan maksimal.

 

 

Editor: PAR
Sumber: detikfood