Joko Widodo dan Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) akhirnya resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. Keduanya membacakan sumpah jabatan di Komplek Parlemen, Jakarta.

Pembacaan sumpah digelar dalam sidang paripurna MPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Minggu (20/12). Sumpah dibacakan bergantian oleh Jokowi, kemudian Ma’ruf Amin.

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Jokowi.

Selamat Bekerja, Pak Presiden

Jokowi-Ma’ruf dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, Minggu (20/10). Siapa saja menteri yang akan membantu kerja mereka lima tahun ke depan? Simak ulasan lengkapnya dalam collection ini dan subscribe agar menerima notifikasi story terbaru.

Kemudian giliran Ma’ruf Amin.

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban wakil presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD dan menjalankan undang-undang dan peraturannya dengan selurus lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Ma’ruf Amin.

Setelah itu, Jokowi dan Maruf bergantian menandatangani berita acara pelantikan, diikuti oleh 10 orang pimpinan MPR RI. Berita acara diserahkan dari MPR kepada Jokowi-Maruf.

“Mulai saat ini Saudara Joko Widodo dan Ma’ruf Amin adalah presiden RI dan wapres RI untuk masa jabatan 2019-2024,” ucap ketua MPR Bambang Soesatyo.

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf dihadiri sejumlah kepala tinggi negara sahabat, para mantan presiden dan wakil presiden RI, serta para tokoh politik Tanah Air.

 

 

Editor: PAR

Sumber: kumparan