Merawat gigi anak harus dilakukan sejak gigi pertamanya muncul. Bahkan sebelum itu, Anda juga harus rutin membersihkan gusinya menggunakan kassa steril, Moms. Menurut Dokter Gigi Spesialis Anak, Drg.Yulia Sri Bono Widyastuti, rutinitas sikat gigi harus dibangun sejak dini, sehingga ia tidak menolak untuk sikat gigi saat tumbuh besar nanti.

“Perlu dong bayi sikat gigi. Untuk membersihkan gigi. Jadi dimulai dari bayi harus sudah diajarin. Kan suka ada bekas air susu tuh, jadi takutnya nempel”, ujar drg Yulia Sri Bono yang praktik di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, saat dihubungi kumparanMOM, Rabu (13/2).

Meski begitu Anda harus menggunakan sikat gigi yang didesain khusus untuk bayi sesuai usia si kecil, Moms. Pasta gigi yang digunakan juga tidak boleh sembarangan.

Bila bayi sudah mampu berkumur dengan baik, Anda boleh memberikan si kecil pasta gigi dengan fluoride untuk membersihkan giginya. Jika bayi Anda belum bisa berkumur, Anda bisa membeli pasta gigi tanpa fluoride, sehingga aman jika tertelan si kecil.

Untungnya, kini banyak tersedia pasta gigi tanpa fluoride khusus untuk anak. Kita bebas memilih di antara banyak merek pasta gigi yang tersedia.

Jadi bingung memilihnya? Tenang, Moms. Untuk membantu Anda, kumparanMOM merangkum 5 merek produk pasta gigi tanpa fluoride untuk anak yang biasa dijual di toko bayi atau toko-toko online. Harga yang kami cantumkan berdasarkan survei yang kami lakukan di toko-toko online.

Pigeon Toothpaste for Children

Bahan-bahan yang terkandung di dalam Pigeon Toothpase for Children antara lain Dicalcium Phosphate Di-hydrate, Purified Water, Glycerin, Maltitol, Trimagnesium Phosphate, Carrageenan, Flavor, Alcohol Denat, Sodium Lauryl Sulfate, Methylparaben, Propylparaben, CI 14720 (Carmoisine).

Semua bahan-bahan tersebut juga dengan jelas disebutkan pada kemasan pasta gigi. Di depan kemasan juga ada keterangan fluoride free. Dengan ukuran 45 gram, varian rasa yang ditawarkan adalah stroberi dan jeruk.

Kabar bagusnya, Pigeon Toothpase for Children juga punya harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp 12 ribuan dan mudah ditemukan di mini market.

Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste

Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste merupakan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride, sehingga aman jika tertelan.

Untuk varian rasanya, Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste punya rasa buah pir dan apel.

Pasta gigi khusus bayi ini juga tidak mengandung perasa buatan, pewarna, dan pengawet sehingga dapat digunakan untuk bayi hingga balita usia 0-3 tahun. Sementara untuk harganya, sekitar Rp 150.000 dengan berat 40 gr.

Jack N’ Jill

Jack N’ Jill adalah pasta gigi yang mengandung bahan alami yaitu calendula atau bunga marigold yang biasa digunakan untuk produk kecantikan kulit.

Fungsinya untuk melembapkan kulit kering dan iritasi. Calendula bersifat sebagai anti bakteri, anti radang. Bunga ini juga bisa menyembuhkan gusi bengkak dan sariawan.

Pasta gigi Jack N’ Jill juga tidak mengandung alergen (zat pencetus alergi) sehingga sangat aman jika tertelan, tidak mengandung Sodium Lauryl Sulphate (SLS), pemanis buatan seperti sakarin, sorbitol, sucralose, flouride, pewarna buatan, dan pengawet.

Pasta gigi yang satu ini juga mengandung Xylitol yang terbukti dapat melawan pengeroposan gigi. Dengan ukuran 50 gram Jack N’ Jill dijual dengan harga Rp 60.000. Tersedia 4 varian rasa yang berbeda, yakni pisang, blackcurrant, stroberi, blueberry, dan raspberry.

Chicco Dentifricio Toothpaste

Chicco Dentifricio Toothpaste dibuat dengan formula low abrasive yang lembut pada gusi bayi dan mampu menghilangkan plak pada gigi tanpa merusak enamel gigi.

Pasta gigi Chicco ini juga diperkaya dengan kalsium bioavailable yang bermanfaat untuk menguatkan gigi si kecil.

Untuk varian rasanya, Chicco Toothpaste menyediakan 2 rasa berbeda yakni rasa stroberi dan rasa apel-pisang. Harganya sekitar Rp 100.000 untuk 50 gr pasta gigi.

Little Tree Fruity Fresh Toothpaste

Little Tree Baby Care Fruity Fresh Toothpaste merupakan pasta gigi yang dibuat dari bahan alami untuk anak.

Pasta gigi yang satu ini mengandung kalsium untuk membantu memperkuat gigi bayi serta mengandung xylitol dengan ekstrak daun blueberry serta vitamin C dan E, bebas dari bahan pengawet, pemanis, fluoride dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Dengan ukuran 70 gram pasta gigi ini dijual dengan harga sekitar Rp 70.000. Tersedia 6 pilihan rasa: stroberi, anggur, apel, jeruk, melon.

Jadi, yang mana yang Anda pilih untuk si kecil, Moms? Jangan lupa, bila Anda tahu pasta gigi anak tanpa fluoride yang belum tercantum di sini, silakan tulis di kolom komentar ya. Agar orang tua yang lain juga bisa mengetahuinya.

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan