Anda tentu senang jika ayah bisa menyempatkan waktu untuk menemani periksa kehamilan. Bukan hanya sebagai tanda sayang dan peduli, ini menunjukkan bahwa ayah memang ingin terlibat pada setiap momen kehamilan Anda, Moms.

Oleh karena itu, Anda perlu mengapresiasi usaha yang dilakukan suami. Misalnya saja dengan mengucapkan terima kasih sambil memeluk atau menciumnya.

Sebelum berangkat menuju ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan, mungkin pasangan Anda akan bertanya mengenai apa yang bisa ia lakukan saat Anda sedang menjalani proses pemeriksaan. Hal itu penting, agar ayah tidak kikuk saat berhadapan dengan dokter kandungan.

Nah Moms, Anda bisa memberi tahu suami untuk melakukan 5 hal ini saat dampingi Anda periksa kehamilan.

Minta ayah untuk tidak memainkan gadgetnya selama menemani Anda menjalani pemeriksaan, Moms. Katakan padanya, untuk benar-bena fokus terhadap apa yang dikatakan atau pun yang dijelaskan oleh dokter mengenai perkembangan kehamilan Anda.

Aktif Bertanya


Katakan pada suami agar ia juga aktif bertanya pada dokter mengenai kehamilan Anda. Misalnya saja, menanyakan kesehatan Anda saat ini dan apa yang bisa ia lakukan sebagai suami untuk meningkakan kualitas kesehatan Anda selama hamil. Dengan pengetahuan yang lebih, ayah dapat memberikan dukungan yang lebih baik selama kehamilan. Di sini kedekatan suami secara emosional dengan si kecil juga bisa terbentuk, Moms.

Mencatat Istilah-istilah Asing tentang Kehamilan

Saat pemeriksaan, mintalah suami untuk mencatat istilah-istilah kehamilan yang masih tedengar asing bagi Anda berdua, Moms. Istilah-istilah itu bisa menjadi catatan bagi Anda untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai maksud dari istilah itu sendiri.

Merekam atau Memotret Hasil USG

Merekam atau memotret setiap momen selama pemeriksaan juga bisa suami Anda lakukan, Moms. Misalnya ia merekam saat Anda pertama kali mendengar detak jantung si kecil atau memotret saat Anda melihat tingkat lucu bayi di dalam kandungan. Ini bisa jadi kenangan manis bagi Anda dan pasangan bersama si kecil di masa depan.

Siaga Berada Disamping Istri

Katakan pada ayah agar tidak duduk mematung di hadapan kursi dokter. Mintalah ia berdiri di samping Anda selama menjalani pemeriksaan sambil memperhatikan perkembangan si kecil di layar monitor USG.

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan