Mau punya kulit wajah yang cantik berseri? Anda
bisa mendapatkan hal tersebut melalui bahan dan cara alami. Salah satu yang bisa digunakan yaitu air cucian beras. Meski tampak sederhana, ternyata ada banyak kandungan air cucian beras yang sangat bermanfaat.

Beras mengandung oryzanol yang mampu menangkal sinar ultraviolet. Selanjutnya, air cucian beras ternyata mengandung banyak vitamin, mineral, asam amino, asam ferulat, antioksidan, dan allantoin. Lebih jelasnya, ini beberapa manfaat air cucian beras untuk kulit dan wajah dilengkapi cara pakainya:

1. Toner Wajah Alami

Pertama, air cucian beras ternyata bisa digunakan sebagai pengganti toner wajah yang alami. Khasiatnya mulai dari menjaga kulit tetap cerah dan halus, mempercepat pertumbuhan sel, hingga menstimulasi aliran darah.
Cara menggunakannya yaitu dengan merendam bola kapas selama beberapa saat. Setelah itu gunakan sebagai toner wajah. Lakukan secara rutin untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit wajah.

2. Pembersih Wajah Alami

Bukan hanya toner, air cucian beras juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami. Caranya sangatlah sederhana, yaitu dengan mencelupkan bola kapas ke dalam air beras. Usapkan ke permukaan kulit wajah sambil dipijat dengan lembut. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang lembut, kencang, dan bercahaya.

3. Menghilangkan Jerawat

Punya masalah kulit wajah berjerawat? Anda bisa coba gunakan air cucian beras untuk menghilangkan masalah kulit yang satu ini.
Perlu diketahui bahwa air beras mengandung allantoin yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih. Air beras juga berfungsi sebagai astringent yang mampu mengecilkan pori-pori kulit. Cara pakainya pun sama seperti untuk toner dan pembersih wajah, namun fokuskan pada bagian yang berjerawat.

4. Meredakan Radang pada Kulit

Manfaat air cucian beras yang tak terduga berikutnya adalah untuk meredakan radang kulit, khususnya pada bagian yang terbakar. Penggunaan air cucian beras yang dingin akan mampu membantu radang kulit menjadi lebih cepat pulih dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

5. Mengurangi Eksim

Terakhir, air cucian beras juga bisa digunakan untuk mengurangi eksim pada kulit. Tentu saja khasiat ini bisa Anda dapatkan jika menggunakannya secara rutin. Cukup celupkan lap bersih ke dalam air cucian beras, lalu tepuk-tepuk ke bagian kulit yang terkena eksim. Lakukan beberapa menit dan diamkan hingga kering.
Itu dia beberapa manfaat air beras untuk wajah dan kulit. Mudah, bukan? Jadi, mulai sekarang jangan buang air cucian beras dan lakukan beragam cara di atas secara rutin, ya!

 

 

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan