Siapa bilang bayi dan anak balita tak butuh kacamata hitam? Mereka juga perlu lho, Moms. Sayangnya masih banyak orang tua yang hanya berfokus pada kulit, ketimbang matanya.

Kacamata berfungsi dalam menjaga agar mata si kecil tidak langsung terpapar dengan sinar UVA dan UVB. Sebab sinar ultraviolet dari matahari dapat membahayakan mata bayi atau anak, seperti kerusakan retina, katarak, hingga kanker.

Untuk itu, Anda bisa membelikan buah hati kacamata atau sunglasses untuknya. Bila Anda bingung memilihnya tak usah khawatir, kumparanMOM sudah merangkum 6 merek kacamata yang bisa digunakan oleh bayi dan balita, seperti berikut:

 

1. Roshambo Baby Shade Goonies

Pertama, Anda bisa memilih Roshambo Baby Shade Goonies, yang bisa digunakan bayi berusia 0 sampai 24 bulan. Kacamata satu ini merupakan buatan Italia dengan desain yang kuat dan elastis, sehingga tidak mudah patah dan rusak.

Roshambo Baby Shade Goonies mengklaim 25 persen lebih ringan daripada kacamata bayi lainnya. Lalu, kacamata dengan panjang 10,9 cm dan tinggi 3,7 cm ini, BPA dan Phthalate free serta dapat memberi perlindungan 100 persen dari UVA dan UVB, Moms.

Anda bisa mendapatkan Roshambo Baby Shade Goonies di Blibli dengan merogoh kocek sebesar Rp 320 ribu.

 

2. Julbo Baby Sunglasses

Lalu, ada Julbo Baby Sunglasses yang bisa Anda dapatkan di optik Melawai. Brand asal Prancis ini memiliki desain asimetris dengan bagian atas dan bawah bingkai punya bentuk lengkungan yang serupa. Desain ini untuk membantu si kecil yang belum bisa membedakan bagian atas dan bawah pada sebuah benda, sehingga tak perlu kawatir salah posisi saat mengenakan sunglasses ini.

Selain desainnya unik, Julbo Baby Sunglasses juga dibuat dari material plastik injection dan rubber yang elastis, serta dapat menyesuaikan dengan bentuk kepala si kecil. Sementara lensanya terbuat dari bahan polycarbonate yang tahan benturan serta dipasang Spectron 4 untuk melindungi mata bayi dari paparan sinar UV A, B, dan C.

3. Beaba Baby Sunglasses

Pilihan selanjutnya adalah Beaba Baby Sunglasses yang bisa Anda beli di Mothercare, seharga Rp 399 ribu. Kacamata asal Prancis satu ini cocok untuk bayi berusia 9 hingga 18 bulan, Moms.

Desain Beaba Baby Sunglasses ini juga menyesuaikan kepala bayi. Selain itu juga ringan, nyaman serta bila ditekuk tidak akan patah. Beaba Baby Sunglasses dapat memproteksi mata si kecil dari UVA dan UVB hingga 100 persen.

4. Ki Et La Baby Sunglass Diabola

Kacamata hitam Ki Et La Baby Sunglass Diabola, dapat memblok 100 persen sinar blue ray, UVA, UVB, dan UVC, dan bisa digunakan bayi berusia 0 hingga 18 bulan.

Kacamata ini terbuat dari bahan polikarbonat sehingga anti gores dan anti pecah, selain itu bahannya juga tidak menimbulkan alergi. Untuk desain batang kacamatanya adalah tipis sehingga tidak menyakiti kuping bayi. Bisa Anda dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 439 ribu.

5. Babiators Navigator Blue Ice

Pilihan ke lima ada Babiators Navigator Blue Ice yang dijual dengan harga Rp 379 ribu. Kacamata satu ini dapat digunakan oleh bayi dari usia 0 hingga 3 tahun, Moms.

Sama seperti kacamata yang lain, Babiators Navigator Blue Ice juga 100 persen dapat melindungi mata bayi dari sinar UV karena memiliki lensa UV400. Lalu untuk framenya fleksibel, anti pecah, anti patah dan tahan lama meski diinjak, dibengkokkan hingga dipelintir.

6. Real Shades Explorer Baby 0+

Anda juga bisa menjatuhkan pilihan pada Real Shades Explorer Baby 0+ yang dijual seharga Rp 182.750, Moms. Sesuai namanya, kacamata ini bisa digunakan dari bayi baru lahir.

Real Shades Baby 0+ juga dapat melindungi mata bayi secara 100 persen dari sinar UVA dan UVB. Kemudian bagian lensanya terbuat dari bahan polikarbonat berbahan TPEE flex-fit yang ringan, tahan benturan dan elastis. Sementara untuk bagian tali kacamata dapat disesuaikan ukurannya.

Jadi Moms, sudah tentukan pilihan kacamata hitam untuk bayi atau balita Anda?

 

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan