Saat sudah terlalu lelah, kita cenderung melewatkan makan malam dan memilih untuk langsung tidur. Bukan itu saja, mereka yang sedang diet juga kerap memilih untuk tidur dalam keadaan perut kosong untuk menjaga berat badan.

Toh, saat tidur nanti juga rasa laparnya akan hilang. Eits, jangan salah, saat kita tidur dalam kondisi lapar, justru akan mengganggu kesehatan tubuh, lho.
Kira-kira, apa saja dampak yang akan terjadi saat kita tidur dalam keadaan lapar? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Tidur jadi tak nyenyak

Perut yang kosong dapat membuat tidur jadi tak nyenyak, dan menyebabkan kita terbangun saat tengah malam. Pasalnya, rasa lapar akan membuat otak selalu siaga, sehingga kita sulit tidur nyenyak. Supaya istirahat malam tak terganggu, cobalah untuk mengonsumsi camilan sehat sebelum tidur.

2. Kadar gula darah anjlok

Bila kita tidur dalam keadaan kelaparan, tingkat gula darah akan anjlok. Akibatnya, saat terbangun keesokan harinya, kita akan kalap dan makan dalam jumlah besar. Tingkat gula darah yang sangat rendah ini juga bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Selain itu, juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala bagi mereka yang sehat. Maka itu, disarankan untuk mengonsumsi segenggam kacang-kacangan atau sepotong dark chocolate untuk mengganjal perut hingga esok hari.

3. Massa otot berkurang

Menurut studi yang dilakukan oleh European Society if Cardiology, saat kita kelaparan, tubuh akan kekurangan nutrisi penting untuk mengubah protein jadi otot. Akibatnya, tubuh malah memecah otot untuk mendapatkan energi.

Bila terus terjadi, hal ini dapat merusak jaringan otot terpenting bagi tubuh, yaitu jantung. Nah, supaya ototmu tetap terbentuk, santaplah makan malam beberapa jam sebelum tidur, serta perbanyak asupan protein.

4. Kekurangan energi

Tubuh kita menggunakan energi selama 24 jam lamanya, dan membakar kalori sepanjang waktu. Maka itu, kita perlu memastikan asupan tercukupi untuk menjaga energi ketika tidur sekalipun. Bila tidur dalam keadaan lapar,

kita akan merasa lemas serta kekurangan energi saat bangun dan beraktivitas keesokan harinya.

5. Rusaknya suasana hati

Tahukah kamu, saat kita tidur dalam keadaan kelaparan, peluang untuk bangun dalam mood yang buruk sangat besar. Pasalnya, perut yang lapar dapat mempengaruhi kadar hormon bahagia pada tubuh.

Sebuah penelitian dari University of Cambridge menemukan, tingkat hormon serotonin akan naik turun, dan mempengaruhi kinerja otak dalam mengontrol emosi seseorang.

Nah, kalau kamu sering uring-uringan di pagi hari, bisa jadi penyebabnya adalah perut yang kelaparan.

Namun, meski tak disarankan untuk tidur dengan perut kosong, sebaiknya batasi jumlah makanan yang kita santap sebelum tidur.

Beri jeda beberapa jam, supaya tubuh bisa mencernanya dengan baik dan mencegah kenaikan asam lambung atau perut kembung.

 

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan