Timnas Ukraina memastikan satu tempat ke Piala Eropa 2020. Tiket didapatkan usai mengalahkan Portugal 2-1 pada laga kualifikasi yang terhelat, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB.Dua gol Ukraina yang dicetak oleh Roman Yaremchuk (6′) dan Andriy Yarmolenko (27′), cuma mampu dibalas sekali oleh Selecao das Quinas lewat Cristiano Ronaldo (72′).

Tambahan tiga poin membuat Ukraina kukuh di puncak klasemen Grup B dengan 19 poin. Dengan sisa dua pertandingan, mereka unggul 8 angka dari Portugal di posisi kedua.
Sementara bagi Portugal, hasil ini jelas membuat langkah mereka untuk mentas di Piala Eropa tahun depan kian terjal. Pasalnya, mereka cuma unggul satu angka dari Serbia yang di laga lain mengalahkan Lithuania 2-1.

Fernando Santos tak mengubah pakem Portugal dengan format 4-1-4-1, Cristiano Ronaldo menjadi ujung tombak yang ditopang oleh Bernardo Silva, Goncalo Guedes, Joao Moutinho, dan Joao Mario. Sementara Danilo Pereira menjadi jangkar di lini tengah.
Meski turun dengan susunan permainan terbaiknya, Portugal nyatanya kesulitan menghadapi permainan agresif Ukraina. Ini ditandai dengan lebih efektifnya skuat Andry Shevchenko karena mampu melepas 4 tembakan tepat sasaran dari lima upaya di babak pertama.
Sementara Portugal yang memegang 58% penguasaan bola dan membukukan 10 percobaan, cuma 3 di antaranya mengarah tepat ke gawang Ukraina yang dikawal, Andriy Pyatov.
Serangan Ukraina langsung membuahkan hasil manis di awal babak pertama dengan lahirnya gol Roman Yaremchuk di menit keenam. Berawal dari bola muntah hasil tepisan Rui Patricio, Yeremchuk meneruskan bola ke dalam gawang dengan tendangan kaki kanan.
Bukan bangkit, Portugal semakin terpuruk di menit 26. Longgarnya pertahanan mereka bikin Ukraina mampu mencetak gol kedua lewat aksi Andriy Yarmolenko. Berawal dari umpan Vitalii Mykolenk, Yarmolenko yang tak terkawal dan lolos dari jebakan offside, menaklukkan Patricio dengan sontekan kaki kiri.
Portugal mencoba menambah intensitas serangan setelah tertinggal dua gol. Tapi, tiga percobaan tepat sasaran yang masing-masing dikirim Joao Mario, Bernardo Silva, dan Danilo Pereira masih dimentahkan Pyatov.
Portugal menandai babak kedua dengan memasukkan Joao Felix untuk mengganti Guedes. Serangan tim tamu memang lebih hidup yang ditandai dengan sepakan terarah Ronaldo di menit 50. Dua menit berselang, Ronaldo kembali mendapat peluang, tapi lagi-lagi gagal.
Ronaldo akhirnya tak membuang lagi peluang yang didapatkannya pada menit 71. Lewat eksekusi penalti, pemain Juventus tersebut mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan Portugal. Ini menjadi gol ke-700 Ronaldo untuk klub dan negara.
Dua upaya berhasil dilepaskan lagi oleh Ronaldo di sisa waktu pertandingan, tapi Pyatov masih sanggup menahan. Hingga laga rampung, Portugal tak bisa mengejar defisit satu gol yang bikin Ukraina akhirnya menang 2-1.
Editor: PAR
Sumber: kumparan