Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk Mahasiswa Ilustrasi mahasiswa. Untuk mendapatkan pemasukan tambahan, mahasiswa bisa memilih berbagai alternatif pekerjaan part time. (robarmstrong2/Pixabay)

Jakarta,  Menjadi mahasiswa pasti mempunyai kebutuhan yang cukup tinggi. Meski tugas utama seorang mahasiswa adalah menuntut ilmu di kampus atau universitas, tetapi kebutuhan seorang mahasiswa untuk menunjang kehidupannya cukup banyak.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mahasiswa tidak mungkin hanya berharap kepada orang tua atau pihak lain. Untuk itu, tidak jarang mahasiswa yang memilih kerja paruh waktu atau part time guna memenuhi kebutuhan utama dan sekunder lainnya.

Tetapi seorang mahasiswa juga pasti mempunyai waktu yang padat di tengah jadwal kuliah. Maka tidak semua kerja part time akan cocok untuk mahasiswa.

Berikut beberapa jenis kerja part time yang cocok dan bisa menunjang kehidupan mahasiswa pada saat ini.

Penulis Lepas

Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk MahasiswaMenjadi penulis lepas bisa membuat mahasiswa tak terbebani waktu kerja maupun kuliah yang padat. (Bench Accounting via StockSnap)

Menulis adalah pekerjaan yang mungkin paling cocok untuk mahasiswa. Menjadi penulis lepas bisa membuat mahasiswa tak terbebani oleh waktu kerja maupun kuliah yang padat.

Menjadi penulis lepas juga mengasah kemampuan menulis seorang mahasiswa yang akan bermanfaat untuk skripsi ataupun makalah kuliah. Pekerjaan ini sebenarnya banyak dibutuhkan. Mahasiswa bisa mencarinya lewat internet atau dengan memperluas jaringan pertemanan.

Guru Privat

Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk MahasiswaMahasiswa yang pintar berbahasa asing bisa mencari pekerjaan part time sebagai guru privat. (Zurijeta/Thinkstock)

Keunggulan mahasiswa yang pintar secara akademis juga bisa dimanfaatkan sebagai pekerjaan yang bisa menambah pundi-pundi uang, yakni menjadi guru les atau privat.

Biasanya mahasiswa menjadi guru privat Bahasa Inggris, matematika, hingga les musik. Target yang biasa dijadikan murid bagi mahasiswa adalah siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sebagian orang tua rela membayar mahasiswa untuk memberikan anaknya bimbingan belajar khusus, baik di rumah ataupun di lembaga kursus.

Penyiar Radio 

Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk MahasiswaBukan hanya mendapatkan uang, mahasiswa yang bekerja part time sebagai penyiar radio juga bisa mendapatkan ketenaran.(Plixs/splitshire)

Menjadi penyiar radio adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi mahasiswa. Anda bisa mendapatkan perhatian dan kesempatan lebih banyak jika berhasil menjadi penyiar radio.

Bukan hanya sekedar uang yang didapat ketika mahasiswa berhasil menjadi seorang penyiar radio, tetapi juga ketenaran hingga mendapatkan pendengar setia yang menunggu anda siaran.

Menjadi penyiar radio tidak harus sudah lulus sarjana. Karena pekerjaan tersebut terbuka untuk semua kategori. Pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa yang ingin mempunyai pekerjaan paruh waktu dan mendapat perhatian lebih.

Kerja Part Time sebagai Barista

Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk MahasiswaMenjadi barista adalah salah satu alternatif kerja part time yang bisa dipilih oleh mahasiswa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Menjadi barista adalah salah satu pekerjaan part time kekinian yang terlihat keren bagi kalangan mahasiswa. Jika biasanya mahasiswa hanya menghabiskan uang di kafe, menjadi barista justru bisa mendapatkan uang dari kafe.

Bagi mahasiswa, seorang barista juga akan memperbanyak teman dan jaringan. Belajar membuat berbagai macam kopi akan sangat menyenangkan bagi mahasiswa karena tak diperlukan ijazah khusus.

Pemilik kafe juga biasanya memberikan keringanan waktu bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa bisa menyesuaikan dengan waktu kuliah.

Ojek online

Saat ini, cukup banyak mahasiswa yang menjadi sopir atau driver ojek online untuk menambah uang jajan. Menjadi ojek online tak perlu lagi malu, karena ojek online adalah salah satu pekerjaan part time yang fleksibel dan lumayan menghasilkan uang.

Memanfaatkan kendaraan yang anda punya untuk menghasilkan uang lewat perusahaan ojek online adalah salah satu pilihan yang bagus.

Admin online shop

Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk MahasiswaBerjualan di internet bisa jadi pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa karena akan memiliki waktu yang fleksibel. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Banyak online shop yang membutuhkan pegawai administrasi atau admin. Di tengah gencarnya masyarakat Indonesia berbelanja online, mahasiswa bisa memanfaatkan peluang ini. Anda bisa melamar menjadi admin online shop di sebuah toko, atau bisa juga berjualan barang milik sendiri.

Berjualan di internet dapat menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang yang cukup banyak dan cocok untuk mahasiswa.

Anda dapat menentukan barang mana yang akan dijual dengan bebas. Temukan pemasok barang yang harganya murah dan tentukan berapa keuntungan dari barang yang anda jual.

Proofreader

Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk MahasiswaFoto: Stokpic

Prooofreader adalah orang yang bertugas mengoreksi naskah menyangkut keseragaman bahasa, mencari kesalahan penulisan, dan membuatnya sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Pekerjaan ini biasanya cocok bagi mahasiswa dengan jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra, atau Jurnalistik.

Meski masih belum begitu terkenal, beberapa media dan penerbit bergengsi sudah banyak yang menerima mahasiswa untuk bekerja part time sebagai proofreader.

Untuk menjadi seorang proofreader, dibutuhkan ketelitian, kejelian, dan pengawasan yang tinggi.

(paz/DAL)

Editor: PAR
Sumber: CNNIndonesia