JakartaPisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Buah ini kaya akan mineral yang disebut potasium yang penting untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh dan mengatur pergerakan nutrisi.

Konsumsi pisang juga membantu otot berkontraksi yang membuat jantung berdetak secara teratur dan dapat mengurangi efek natrium pada darah. Pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi gejala asma.

 

Berikut manfaat kesehatan dari pisang yang bisa kamu konsumsi sebagai pilihan sarapanmu pagi ini.

Mengonsumsi pisang, jeruk, dan jus jeruk dalam dua tahun pertama kehidupan dapat mengurangi risiko pengembangan leukemia anak-anak. Sebagai sumber vitamin C yang baik, pisang dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker.

Asupan serat yang tinggi dari buah-buahan dan sayuran seperti pisang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal.

Kandungan serat, potasium, vitamin C dan B6 dalam pisang semuanya mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Asupan kalium yang tinggi juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pengawetan kepadatan mineral tulang dan pengurangan pembentukan batu ginjal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan kadar gula darah, lipid dan insulin. Satu pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.

 

Pisang juga mengandung triptofan, asam amino yang menurut penelitian berperan dalam menjaga daya ingat dan meningkatkan suasana hati Anda.

 

 

 

 

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: detikhealth