Ide Bekal Sekolah Anak – Onigiri Kulit Tahu Foto: Shutterstock
Salah satu cara untuk menghindari anak jajan sembarangan adalah dengan membawakannya bekal sekolah. Ya Moms, Anda bisa menyiapkan nasi, sayur, lauk pauk hingga buah sebagai makan siang untuk anak saat di sekolah.
Selain memastikan nutrisi anak tetap terpenuh, Anda juga harus memperhatikan kotak bekal anak. Jangan hanya tergiur dengan harga miring saja, Anda juga harus paham komponen penting lainnya, seperti bahan pembuatnya, ukuran, hingga bentuk tempat bekal sekolah anak. Hal itu penting, agar anak bisa makan bekal sekolah dengan aman dan nyaman.
Nah Moms, bila Anda sedang mencari kotak bekal sekolah untuk anak, berikut 6 hal yang perlu diperhatikan.
  • Pilih Bahan yang Aman dan Berkualitas
Nasi Tomat untuk bekal sekolah anak Foto: Shutterstock
Pilihlah kotak bekal sekolah dengan bahan yang aman untuk digunakan anak. Oleh karena itu, jangan hanya tergoda dengan harga murah saja, namun perhatikan pula kualitasnya.
Ya Moms, pastikan kotak bekal makan anak terbuat dari bahan yang layak dan aman dipakai. Anda bisa mengeceknya, apakah ada label ‘food grade’ dan BPA free pada kotak bekalnya.
Lalu, apabila kotak makan bekal anak berbahan plastik pastikan terdapat simbol ‘PP’ atau ‘Polyproylene’ di bagian dasar kotak. Hindari yang bertanda PS (Polystyrene) dan PC (Polycarbonate) karena tidak tahan panas, Moms.
  • Kedap Udara dan Tidak Bocor
com-Bekal Sekolah Foto: Shutterstock
Selanjutnya, pilih juga kotak bekal anak yang kedap udara dan tidak mudah bocor. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan mengecek bagian penutupnya.
Pastikan tutup kotak bekal anak kuat dan rapat serta dapat menutupi seluruh isi kotak makanan. Jika aman, sekarang Anda tidak perlu khawatir dan cemas lagi saat memasukan sup, saus, atau semur ke dalam kotak bekal, karena makanan dengan kuah tersebut tidak akan tumpah.
  • Mudah Dibuka dan Ditutup
Lengkapi bekal Yakisoba untuk anak dengan ayam kukus dan sayuran Foto: Shutterstock
Pastikan juga kotak bekal sekolah anak yang Anda pilih mudah dibuka dan ditutup, Moms. Hal ini penting, agar si kecil tidak kesulitan saat ingin membuka atau menutup kotak makannya.
  • Sesuaikan Ukuran dengan Kebutuhan
Bekal sekolah anak, kreasi roti untuk bekal, anak Foto: Shutterstock
Pikirkan pula kebutuhan dan kapasitas anak saat makan. Dengan begitu, Anda tahu ukuran kotak makan seperti apa yang cocok untuk si kecil. Hal ini juga untuk menghindari supaya Anda tidak membawakan makanan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, Moms.
Jangan pula membelikan kotak bekal anak dengan ukuran yang terlalu besar. Dikhawatirkan akan memenuhi tas si kecil serta merepotkan saat membawanya.
  • Pilih yang Bersekat
Bekal Sekolah Anak. Foto: Shutterstock
Anda juga sebaiknya memilih kotak bekal dengan beberapa sekat. Ya, idealnya kotak bekal tanpa sekat hanya diguanakan untuk menyimpan satu jenis makanan saja.
Sebaliknya, ketika Anda ingin membelikan kotak makan anak dengan beberapa sekat, Anda jadi tahu dimana saja letak untuk menaruh nasi, lauk hingga sayur. Sekat-sekat dalam wadah bekal ini berfungsi agar tiap menu tidak tercampur, sehingga cita rasa makanan tetap terjaga.
  • Pilih Kotak Bekal Makan dengan Karakter Kesukaan Anak
Bekal sekolah anak, kreasi roti untuk bekal, anak Foto: Shutterstock
Tips terakhir adalah Anda bisa memilih kotak bekal sekolah anak yang memiliki gambar atau bentuk sesuai karakter kartun kesukaan anak, Moms. Hal ini bermanfaat agar si kecil makin bersemangat membawa bekal ke sekolah dan menghabiskan makanan yang Anda bawakan.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan