Valtteri Bottas juara GP Jepang. (Foto: Clive Mason/Getty Images)Valtteri Bottas juara GP Jepang. (Foto: Clive Mason/Getty Images)

 

 

Jakarta – Valtteri Bottas keluar sebagai juara Formula 1 di seri GP Jepang. Hasil ini sekaligus memastikan Mercedes menjadi juara konstruktor enam tahun beruntun.

Pada balapan yang berlangsung di sirkuit Suzuka, Minggu (13/10/2019), Bottas start dari posisi ketiga, di belakang duo Ferrari, yakni Sebastian Vettel dan Charles Leclerc.

Bottas langsung meluncur dengan mulus di awal-awal balapan untuk menyalip Vettel dan Leclerc. Selepas itu, pebalap Finlandia tersebut tak terbendung.

Bottas berhasil menuntaskan balapan di Jepang dengan juara. Ini adalah podium teratasnya yang ketiga sepanjang 2019, setelah sebelumnya menang di Australia dan Azerbaijan.

Vettel harus puas finis di posisi kedua dan Lewis Hamilton di tempat ketiga. Pebalap Thailand, Alexander Albon, menuntaskannya di posisi keempat di depan Carlos Sainz dan Leclerc.

Keberhasilan Bottas menaklukkan seri Jepang juga berbuah gelar juara untuk Mercedes. Pabrikan asal Jerman tersebut menyandang gelar dunia konstruktor untuk keenam kalinya secara beruntun meski masih menyisakan empat seri lagi. Catatan tersebut menyamai prestasi Ferrari pada 1999 sampai 2004.

Hasil GP Jepang

Hasil GP Jepang: Bottas Menang, Mercedes Kunci Gelar KonstruktorFoto: Crash

Klasemen Konstruktor

Hasil GP Jepang: Bottas Menang, Mercedes Kunci Gelar KonstruktorFoto: Formula 1

(ran/fem)

Editor: PAR
Sumber: detiksport