Ilustrasi Biji Semangka Foto: Shutterstock/Virtu studio
Makanan pedas memang terlihat menggiurkan, namun tak jarang membuat kita ‘tersiksa’ saat menyantapnya. Pasalnya, kandungan capcaisin pada bahan makanan pedas seperti cabai atau merica bisa menciptakan sensasi pedas yang membakar.
Tak cuma pada lidah, rasa panas ini juga kerap menjalar ke bagian perut. Meski hanya berlangsung beberapa saat, namun akan membuat perut terasa tak nyaman dan mengganggu aktivitas.
Nah, untungnya, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan rasa panas di perut, lho. Apa saja? Berikut telah kumparan rangkum ulasan selengkapnya:
1. Yoghurt
Ilustrasi minuman yoghurt Foto: dok.shutterstock
Bila perut terasa panas setelah makan pedas, coba konsumsi yoghurt untuk meredakannya.
Kandungan bakteri baik dalam yoghurt bisa membantu melepaskan panas dalam perut dan mengobati pencernaan. Selain itu, yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang paling mudah dicerna oleh tubuh.
2. Susu
com-Susu Foto: Shutterstock
Susu bisa menurunkan suhu pada perut dan mengurangi kadar asam akibat menyantap makanan pedas. Minuman ini mengandung komponen yang menenangkan, sehingga bisa meredakan rasa tak nyaman di perut.
Bahkan, menurut penelitian dari New Mexico State University, kandungan protein pada susu dapat meredam rasa pedas dari senyawa capcaisin.
3. Nasi
Ilustrasi nasi Foto: Dok. Shutterstock
Rupanya, nasi juga bisa menjadi penolong saat perut kepanasan akibat makanan pedas, lho. Kandungan karbohidratnya akan menjadi pelindung dari capcaisin, dan menyerap sisanya.
Selain itu, nasi juga akan menurunkan suhu dan meningkatkan kadar air dalam perut. Cobalah mengunyah beberapa suap nasi hingga perutmu terasa nyaman kembali.
4. Peppermint
Ilustrasi teh peppermint Foto: Pixabay
Dilansir Food NDTV, beberapa rempah seperti peppermint dan chamomile mengandung komponen yang menyejukkan. Secangkir teh peppermint dan chamomile akan memastikan perutmu terbebas dari kadar asam berlebih, yang membuat perut kerap terasa panas.
5. Semangka
ilustrasi semangka Foto: Shutterstock
Tak cuma menyegarkan, buah-buahan yang kaya air seperti semangka juga dapat membantu menurunkan suhu panas pada perut. Mengonsumsinya pun akan membuat pencernaan jadi lancar, sehingga perut kembali terasa nyaman,
6. Air kelapa
Ilustrasi kelapa hijau Foto: Shutterstock
Mengandung alkalin alami, air kelapa dapat membantu menetralisir kadar asam dalam perut.
Senyawa tersebut akan menenangkan dinding perut, serta mengurangi produksi panas akibat mengonsumsi makanan pedas. Rasanya yang menyegarkan pun akan membuat pedas berkurang seketika.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan