5 Petarung UFC yang Belum Terkalahkan Khabib Nurmagomedov memiliki rekor 28 kemenangan. (AFP PHOTO / Vasily MAXIMOV)

Jakarta,  Ajang Ultimate Fighting Championship (UFC) memiliki sejumlah petarung dengan rekor sempurna hingga saat ini, salah satunya adalah Khabib Nurmagomedov. Berikut lima petarung UFC yang belum terkalahkan.

Ada banyak petarung UFC yang masih memiliki rekor sempurna atau selalu menang. Lima petarung di bawah ini adalah petarung yang sudah menjalani lebih dari sepuluh pertarungan mixed martial art (MMA) dan masih memiliki rekor sempurna:

1. Khabib Nurmagomedov (Rusia) 28-0 (8 KO, 10 Submission)

Khabib merupakan pertarung UFC paling terkenal di dunia saat ini. Semua berkat kemenangan atas Conor McGregor di UFC 229, Oktober 2018. Terakhir, petarung yang dijuluki The Eagle itu mengalahkan Dustin Poirier di Abu Dhabi pada UFC 242, 7 September 2019, untuk mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan.

Memiliki disiplin seni bela diri combat sambo dan judo, Khabib selalu menang dari 28 pertarungan MMA dengan 12 di antaranya terjadi di UFC. Dari 28 pertarungan itu delapan di antaranya menang lewat KO dan sepuluh submission atau kuncian.

5 Petarung UFC yang Belum TerkalahkanIsrael Adesanya memiliki catatan 14 kemenangan KO. (Logan Riely / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

2. Israel Adesanya (Nigeria) 18-0 (14 KO)

Adesanya terakhir sukses melakukan unifikasi gelar juara dunia kelas menengah UFC dengan menang KO atas Robert Whittaker di UFC 243, 6 Oktober 2019. Kemenangan itu membuat Adesanya memiliki rekor 18 kemenangan di MMA dengan tujuh di antaranya terjadi di UFC.

Adesanya merupakan petarung yang agresif di atas octagon. Pasalnya, dari 18 pertarungan MMA yang sudah dijalani Adesanya sukses meraih kemenangan KO 14 di antaranya.

3. Shamil Gamzatov (Rusia) 13-0 (5 KO, 5 Submission)

Gamzatov merupakan orang baru di UFC. Penampilan petarung 29 tahun itu, termasuk di Professional Fighters League (PFL), membuat UFC mengontrak Gamzatov untuk empat pertarungan pada Juli 2019. Gamzatov akan melakoni debut melawan Klidson Abreu pada kelas berat ringan pada UFC Fight Night di Moskow, Rusia, 9 November 2019.

Penguasa seni bela diri Brazilian jiu-jitsu dan sambo itu hingga kini selalu menang dari 13 pertarungan dengan di antaranya lima kemenangan KO dan lima kuncian.

5 Petarung UFC yang Belum TerkalahkanGregor Gillespie kini berada di peringkat 11 kelas ringan. (Sarah Stier/Getty Images/AFP)

4. Gregor Gillespie (Amerika Serikat) 13-0 (6 KO, 5 Submission)

Memulai karier di UFC sejak 2016, Gillespie saat menduduki peringkat 11 kelas ringan. Dari 13 pertarungan MMA, Gillespie meraih enam kemenangan KO, lima kuncian, dan dua angka. Petarung yang dijuluki The Gift itu sudah menjalani enam pertarungan di UFC dan dijadwalkan melawan Kevin Lee di UFC 244, 2 November 2019.

5 Petarung UFC yang Belum TerkalahkanPaulo Costa baru sekali menang lewat submission. (Joe Scarnici/Getty Images/AFP)

5. Paulo Costa (Brasil) 13-0 (11 KO, 1 Submission)

Costa salah satu petarung terbaik di kelas menengah UFC saat ini. Petarung 28 tahun berjuluk The Eraser itu saat ini berada di peringkat dua ranking petarung kelas menengah meski baru menjalani debut di UFC pada 2017.

Costa saat ini memiliki rekor 13 kemenangan di MMA dengan 11 di antaranya diraih lewat kemenangan KO. Terakhir Costa meraih kemenangan atas Yoel Romero di UFC 241, 17 Agustus 2019. (har/sry)

Editor: PAR
Sumber: CNNIndonesia