Timnas Inggris tersandung di laga kualifikasi Piala Eropa 2020. Bertamu ke kandang Republik Ceko, Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB, skuat Three Lions ditekuk dengan skor 1-2.
Inggris sebetulnya unggul lebih dulu lewat gol penalti Harry Kane di menit kelima, tapi tuan rumah bangkit dengan mencetak dua gol balasan via aksi Jakub Brabec di menit kesembilan dan Zdenek Ondrasek menit 85.
Ini menjadi kekalahan perdana yang diderita Inggris sepanjang laga kualifikasi. Meski begitu, mereka tetap ada di posisi puncak klasemen Grup A dengan 12 angka, unggul selisih gol dari Ceko yang ada di bawahnya.
Gareth Southgate masih dengan skema 4-2-3-1 di skuat Inggris. Harry Kane menjadi ujung tombak yang ditopang oleh Raheem Sterling, Masson Mount, dan Jadon Sancho. Sementara Declan Rice dan Jordan Henderson menjadi jangkar di lini tengah.
Inggris memulai dengan apik di babak pertama. Serangan dari tepi sayap yang diinisiai oleh Sterling memaksan pemain Ceko melanggar pemain Manchester City itu di kotak terlarang. Kane yang jadi algojo berhasil menjalankan tugasnya untuk membawa tim tamu unggul.
Setelah gol tercipta, Inggris justru kesulitan mengembangkan permainan. Ceko mengambil alih jalannya pertandingan dengan memberi ancaman lewat Vladimir Coufal yang bisa ditepis Jordan Pickford. Situasi bola mati ini yang menjadi awal petaka buat Inggris.
Awalnya Ondrej Celustka mampu menerima bola hasil sepak pojok, bola liar pada akhirnya bisa dimaksimalkan oleh Jakub Brabec menjadi gol dengan sontekan kaki kiri. Setelah kedudukan imbang, jalannya laga menjadi lebih alot tanpa hadirnya ancaman berarti dari kedua kubu.
Ceko bisa menambah dua peluang tepat sasaran di sisa waktu babak pertama melalui Jan Boril di menit 24 dan Patrik Schick delapan menit kemudian. Sementara Inggris sama sekali tak memberi ancaman berarti hingga turun minum.
Pertahanan ‘Tiga Singa’ langsung diserbu serangan bertubi Ceko. Dalam 15 menit babak kedua berjalan, sudah ada tiga tembakan yang salah satunya tepat sasaran ke gawang Pickford dari upaya Lukas Masopust.
Baru di menit ke-64 Inggris bisa memberi ancaman dari Kane, satu menit kemudian giliran Henderson yang melepas percobaan meski masih bisa diamankan kiper Ceko, Tomas Vaclik.
Southgate lantas melakukan penyegaran dengan menarik Sancho dan Mount untuk memasukkan Ross Barkley dan Marcus Rashford. Namun, perubahan strategi ini tak banyak mengubah jalannya laga karena Ceko terlanjur menguasai pertandingan.
Justru Ceko yang bisa melanjutkan momentum positif untuk membalikkan keadaan lima menit sebelum waktu normal habis. Adalah Zdenek Ondrasek yang membobol gawang Pickford untuk memastikan Ceko menang 2-1.
Editor: PAR
Sumber: kumparan