Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan insiden penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto tak akan mengganggu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

“Dan saya tidak melihat itu akan berdampak pada pelantikan Presiden. Insiden itu tidak bisa berdampak ke hari pelantikan,” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Menurut Luhut, insiden penusukan juga terjadi di beberapa negara. Bahkan, ia menyatakan tak ada pemerintahan yang bisa mengklaim negaranya luput dari konflik.

“Saya pikir masalah ini tidak hanya di Indonesia, jadi ini bisa terjadi di mana pun. Seringkali saya bilang, konflik, tidak ada negara, tidak ada pemerintah yang bisa klaim bahwa negara mereka luput dari konflik,” imbuh Luhut.

Menurut Luhut, di Amerika Serikat (AS) saja setiap tiga bulan sekali ada insiden pembunuhan. “Dan di Amerika Anda bisa melihat setiap tiga bulan ada insiden, orang-orang terbunuh, mungkin 15, mungkin 50 orang. Tapi hidup harus tetap berlanjut,” jelas dia.

Meski demikian, Luhut mengungkapkan pemerintah akan meningkatkan keamanan di hari pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin. Pemerintah akan tetap hati-hati.

“Kita lebih hati-hati. Sistem pengamanan kita evaluasi. 20 Oktober SOP dari Paspampres, rencana kontingensi,” pungkas dia.

Editor: PAR
Sumber: detiknews