Lyon – Founder Mayapada Group, Dato’ Sri Tahir menyerahkan bantuan US$ 30 juta atau sekitar Rp 420 miliar (kurs Rp 14.000) ke Global Fund untuk memerangi HIV/AIDS, tuberkolosis, dan Malaria. Komitmen ini sekaligus menjadikan Tahir sebagai yang terbesar kedua bagi sebuah yayasan melalui Tahir Foundation setelah Bill & Melinda Gates Foundation.

“US$ 30 juta global fund,” ujar Tahir di Lyon, Prancis, Rabu (9/10/2019).

Di tahun 2018, program-program Global Fund di Indonesia telah membantu 108.000 orang untuk bisa mendapatkan pengobatan HIV, 440.000 orang pengobatan TBC, dan bantuan 86.500 kelambu.

Sejak 2002, program kesehatan yang didukung oleh Global Fund telah menyelamatkan 32 juta jiwa di seluruh dunia. Sumber dana yang dijanjikan selama konferensi keenam ini akan memastikan bahwa Global Fund dapat terus menyelamatkan nyawa dan mempercepat kemajuan untuk mengakhiri bencana ini.

“Komitmen yang dibuat hari ini akan membantu memastikan bahwa program-program Global Fund terus membangun masa depan yang lebih sehat dan lebih produktif bagi masyarakat Indonesia dan jutaan lainnya di seluruh dunia,” tuturnya.

Di samping itu, Tahir juga menyerahkan bantuan US$ 20 juta atau Rp 280 miliar ke Bill & Melinda Gates Foundation.

“US$ 20 juta untuk Bill & Melinda Gates Foundation,” katanya.

Editor: PAR
Sumber: detikfinance