Ilustrasi Ayah dan Bayi Foto: Shutterstock
Beberapa anak lahir dengan wajah mirip ibunya, sementara beberapa lainnya ada juga yang lebih mirip dengan ayah. Ya Moms, hal ini sangat wajar terjadi karena ayah dan ibu sama-sama mewarisi gennya untuk anak. Dilansir Sciencing, setiap orang tua menurunkan masing-masing 23 kromosom. Kromosom sendiri merupakan struktur berupa benang halus yang membawa informasi genetik (gen).
Masing-masing gen dari orang tua akan mewariskan beberapa hal, seperti bentuk fisik, sifat, ekspresi, sikap tubuh, penyakit hingga kemampuan akademik ke DNA anak. Maka dari itu, anak akan mewarisi beberapa bagian tubuh dan sifat orang tuanya.
Berbicara soal bentuk fisik, gen ayah ternyata juga bisa mewariskan banyak hal pada anak. Beberapa yang dominan bisa membuat kondisi fisik anak lebih mirip dengan ayah. Nah Moms, berikut adalah 6 bentuk fisik yang kemungkinan akan diwarisi oleh anak Anda dari ayah.
1. Warna Mata
warna mata anak menurun dari gen ayah Foto: Shutterstock
Moms, rupanya ayah menurunkan gen untuk warna mata anak. Apabila ayah memiliki bola mata berwarna cokelat, maka kemungkinan besar si kecil akan mengikuti warnanya.
2. Tinggi Badan
tinggi badan anak menurun dari ayah Foto: Shutter Stock
Bila ayah memiliki postur tubuh tinggi maka si kecil biasanya juga akan mengikutinya. Hal itu karena tinggi badan seorang anak kemungkinan besar persis mewarisi gen ayah, Moms. Namun, tidak semua anak memiliki tinggi badan yang sama, biasanya anak yang lebih muda akan lebih pendek dari yang lebih tua. Dikutip dari Bright Side, sekitar 60 hingga 80 persen tinggi seseorang tergantung pada ayah dan ibunya. Sementara sisanya dari hasil diet, gaya hidup dan kesehatan.
3. Sidik Jari
sidik jari bayi menurun dari ayahnya Foto: Pixabay
Rupanya sidik jari anak juga diturunkan dari gen ayah. Selain pola sidik jari yang sama, ternyata tiap garisnya juga akan berbentuk sama dengan sidik jari yang dimiliki oleh ayah.
4. Gigi
bentuk dan ukuran gigi anak berasal dari gen ayah Foto: Shutter Stock
Meskipun bentuk dan ukuran gigi dapat diwarisi dari salah satu orang tua, namun gen ayah masih mendominasi untuk hal ini. Jadi, jangan heran bila bentuk dan gigi anak akan mirip dengan ayahnya, Moms. Termasuk juga soal penyakit gigi. Apabila ayah rentan terhadap gangguan kesehatan gigi seperti gigi berlubang, maka anak juga akan ikut mewarisinya.
5. Lesung Pipi
Lesung pipi juga sebagian besar diwariskan dari gen ayah. Si pemanis wajah ini biasanya didapatkan anak bila sang ayah juga memilikinya.
6. Rambut
rambut anak menurun dari gen ayah. Foto: Shutterstock
Saat bayi baru lahir, tentu para orang tua akan menebak-nebak seperti apa model rambut yang diwarisi oleh anak mereka. Dalam hal ini, ternyata gen ayah punya peran lebih besar dalam menentukan model dan warna rambut yang akan dimiliki oleh anaknya.
Nah Moms, bagaimana dengan anak-anak Anda? Bentuk fisik apa yang diwariskan dari sang ayah?
Editor: PAR
Sumber: Kumparan