Memiliki rambut sehat, dan tebal tampaknya jadi dambaan banyak perempuan. Sayangnya, untuk mendapatkan rambut indah enggak cuma dengan perawatan dari luar saja, nutrisi yang masuk ke tubuh juga perlu diperhatikan, lho.
Meskipun begitu, menurut American Academy of Dermatology memperkirakan bahwa seseorang akan kehilangan 50-100 helai rambut setiap hari. Tak lama kemudian, rambut baru tumbuh perlahan; dengan tumbuh sekitar 6 inci per tahun.
Jadi bagi kamu yang ingin memiliki rambut indah, sebaiknya perhatikan juga asupan yang masuk ke tubuh guna membantu pertumbuhannya.
Tak perlu bingung, berikut jenis makanan yang bisa membantu menumbuhkan rambutmu secara alami. Jadi, bye-bye rambut tipis dan lepek!
1. Telur
Telur mengandung protein dan biotin yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Mengutip dari Dermatology practical and conceptual DPC journal, protein penting untuk pertumbuhan rambut karena sebagian besar folikel rambut (terdapat pada bagian akar) terbentuk dari protein. Sedangkan biotinnya, membantu memproduksi protein rambut (keratin).
 
Itulah sebabnya, kamu mungkin sering menemukan produk perawatan rambut dengan kandungan keratin. Nah, produk dengan keratin tersebut cocok untuk menumbuhkan rambut.
Selain itu, dalam telur juga terkandung seng, selenium, dan nutrisi lain yang tak kalah baik untuk kesehatan rambutmu.
2. Bayam
Buat para perempuan yang suka mengeluh rambutnya rontok, enggak ada salahnya mulai ruitn mengonsumsi bayam. Soalnya, penelitian Nutritional Correction for Hair Loss, Thinning of Hair, and Achieving New Hair Regrowth, telah membuktikan bahwa bayam mampu menguatkan akar rambut sehingga mencegah kerontokan.
Bukan hanya itu, nutrisi lain seperti folat, zat besi, vitamin A, dan C, pada bayam juga bekerja meningkatkan pertumbuhan rambut.
3. Salmon
Mengutip dari Journal of cosmetic dermatology, ikan dengan lemak sehat (omega-3) seperti salmon atau makarel mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.
Studi lain juga menemukan, bahwa mengonsumsi rutin minyak ikan bisa mengurangi kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
4. Ubi
Umbi-umbian seperti ubi juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan alami untuk menjaga kesehatan rambutmu.
Bahkan dalam 114 gram ubi, mengandung cukup banyak beta-karoten yang dibutuhkan tubuh untuk mengubahnya menjadi vitamin A sehingga baik untuk laju pertumbuhan rambut.
5. Alpukat
Enggak heran lagi, sih kalau alpukat juga kerap hadir dalam produk perawatan rambut. Soalnya, vitamin E di dalamnya sangat baik untuk membantu pertumbuhan rambut. Dalam sebuah alpukat (200 gram) menyediakan sekitar 21 persen kebutuhan vitamin E harian kita.
Bahkan penelitian Tropical life sciences research tahun 2010, telah membuktikan orang-orang yang awalnya mengalami kerontokan parah, rambutnya bertumbuh hingga 34,5 persen lebih banyak usai mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan.
6. Daging
Sama halnya dengan telur, daging juga kaya akan protein yang dapat memperbaiki dan memperkuat folikel rambut.
Misalnya saja, dalam seporsi steak sirloin (100 gram) menghasilkan protein sebanyak 29 gram. Tentunya, ini bisa kamu manfaatkan sebagai makanan enak penumbuh rambut. Zat besi dalam daging juga bisa menghindari rambut dari kerontokan.
7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan punya rasa gurih yang khas sehingga membuat kita betah mengunyahnya.
Nah, kacang juga bisa kamu manfaatkan sebagai makanan penumbuh rambut yang kaya; vitamin B, E, seng, dan asam lemak esensial. Kamu bisa mengonsumsi 28 gram almond yang memberikan 37 persen kebutuhan vitamin E tubuh.
Editor: PAR
Sumber: kumparan