JakartaLemak pada bagian perut tidak hanya membuat penampilan memburuk karena membuncit, tapi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit. Oleh karena itu, cara mengatasi lemak perut dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Tak sembarang cara bisa dilakukan. Cara yang lebih sehat perlu dilakukan agar tidak mengganggu keseimbangan tubuh.

Berikut lima cara sehat tersebut yang sudah terbukti secara ilmiah, mengutip Healthline.

1. Tidak makan gula
Yang pertama perlu dilakukan adalah menghindari konsumsi gula. Gula mengandung sederet bahaya untuk kesehatan metabolik. Konsumsi gula berlebih membuat hati terpaksa mengolahnya menjadi lemak.

Artinya, konsumsi gula justru akan semakin menambah lemak di perut. Oleh karena itu, hindari konsumsi gula dan makanan serta minuman yang mengandung pemanis.

2. Perbanyak Protein
Daripada gula, Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi protein. Protein merupakan makronutrien paling penting untuk menurunkan berat badan.

Studi menunjukkan, protein meningkatkan metabolisme dan membantu mengurangi konsumsi kalori setiap hari.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan, protein efektif melawan lemak di perut. Studi mendapati, jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi berbanding terbalik dengan lemak di perut. Artinya, orang yang makan lebih banyak protein, memiliki lemak perut yang jauh lebih sedikit.

3. Kurang karbohidrat
Batasi pula konsumsi karbohidrat. Mengurangi karbohidrat merupakan cara sehat mengatasi lemak di perut.

Kurangi asupan karbohidrat secara berkala. Efeknya, nafsu makan juga akan menurun dan lemak di perut ikut terkuras.

Untuk mengurangi berat badan dan lemak di perut, kurangi konsumsi karbohidrat 50 gram per hari hingga berat badan ideal berhasil tercapai.

4. Kaya serat
Asupan makanan kaya serat, terutama serat larut, akan mempercepat hilangnya lemak di perut.

Konsumsi makanan nabati seperti sayuran dan buah. Gandum utuh juga baik dikonsumsi karena tinggi serat.

Studi menunjukkan, tambahan 14 gram serat per hari dikaitkan dengan penurunan 10 persen dalam asupan kalori dan penurunan berat badan 2 kg dalam empat bulan.

5. Olahraga
Imbangi makanan yang bergizi dengan aktivitas fisik atau olahraga rutin. Lakukan olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh, bukan hanya bertumpu di bagian perut.

Studi menunjukkan, variasi olahraga lebih efektif sebagai cara mengatasi lemak perut. Olahraga aerobik seperti berlari dan berenang dapat dilakukan karena mengaktifkan seluruh bagian tubuh.

Editor: PAR
Sumber: CNN Indonesia