Media sosial mungkin memiliki banyak kelebihan dalam hidup kita, tetapi di satu sisi, kehadiran media sosial juga kerap jadi ancaman bagi beberapa pasangan, lho.
Menurut studi The Journal of Social and Personal Relationships, media sosial membuat kita menjadi lebih gelisah. Media sosial menjadi wadah yang mudah untuk terus mengawasi pasangannya. Mungkin, kamu masa bodo dengan kebiasaan stalking itu, tapi hal ini justru bisa memicu perasaan cemburu.
Hal tersebut membuat media sosial menjadi ruang ketidakpercayaan satu sama lain dan hanya emosi negatif yang mendominasi dalam suatu hubungan. Daripada kamu terjebak dalam situasi seperti ini, banyak hal yang bisa mengubah kerugian itu menjadi menguntungkan, kok. Simak, ya!
1. Tetap positif
Menurut Leslie Shore, seorang ahli komunikasi menunjukkan bahwa sarkasme dapat merusak percakapan online termasuk yang dilakukan di media sosial. Ketika kamu memulai obrolan melalui chat, sangat sulit seseorang untuk menebak nada suaramu, apakah dia marah atau enggak.
Terkadang, suatu obrolan di chat dapat membuat salah paham satu sama lain. Mungkin, kamu terlalu kesal dengannya karena melihat foto-foto negatif yang beredar dan hanya melihat dari satu sisi saja. Coba untuk tetap positif, lebih baik selesaikan masalahmu melalui telepon atau bertemu langsung.
2. Jangan terlalu percaya media sosial
Apa yang kamu lihat di media sosial, enggak selamanya benar, kok. Coba untuk menaruh kepercayaan pada pasanganmu, kalau kamu merasa kecewa atau marah kepadanya, berdiam diri di rumah bukanlah solusi yang tepat, ya.
3. Mengetahui akar permasalahannya
Mencari tahu kebenarannya adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar enggak termakan dengan hoax. Jangan cepat mengambil kesimpulan, karena belum tentu apa yang kamu rangkum adalah kenyataannya. Lagi dan lagi, kamu harus mendengarkan cerita dari beberapa sumber.
4. Bersifat terbuka
Pastikan kamu dan pasanganmu enggak ada rahasia, ya agar kamu enggak termakan dengan gosip-gosip yang beredar. Terlebih lagi, saling cerita tentang pengalaman ataupun terbuka soal kegiatan satu sama lain akan membuat hubungan semakin dekat, bukan?
5. Jangan curhat di media sosial
Pertimbangkan dulu, bagaimana perasaanmu dan lakukan riset terlebih dahulu. Dengan tindakan gegabahmu yang terlalu terbuka di media sosial akan membuat hubunganmu semakin renggang. Akun media sosial, akan sangat berbahaya untuk menjadi tempat pertama tentang curhatanmu, kegelisahanmu, dan lain-lain. Jadi, hindari hal yang satu ini, ya!
Editor: PAR
Sumber: kumparan