Ilustrasi memutihkan kulit tangan. (Sumber foto: ShutterStock)
Doktersehat.com – Banyak orang ingin punya kulit putih, cerah, dan bersinar. Apakah Anda salah satunya? Tidak perlu bingung, karena Anda bisa melakukan berbagai cara memutihkan kulit yang aman. Berikut ini beberapa cara cepat dan mudah memutihkan kulit tangan dan kaki yang alami:

1. Perasan Lemon

Cara yang pertama sangat mudah dan murah. Anda hanya perlu memeras lemon secukupnya, lalu oleskan perasan tersebut pada kulit tangan dan kaki dengan menggunakan kapas. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Meskipun cara ini tergolong mudah, namun Anda tidak bisa melakukannya jika memiliki kulit sensitif.

2. Yoghurt

Kandungan yoghurt yang terdiri dari asam laktat alias alfa hidroksi bisa digunakan sebagai bahan pemutih kulit alami. Ajaibnya, senyawa ini mampu menghilangkan kulit gelap, kering, dan bersisik dengan cara memicu pengelupasan kulit mati. Oleskan yoghurt ke permukaan kulit, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas.

3. Beras dan Minyak Zaitun

Beras menjadi bahan alami pemutih kulit bukanlah hal yang asing lagi. Cukup siapkan dan tumbuk beras secukupnya sampai halus, lalu campurkan sedikit minyak zaitun. Usapkan tumbukan beras tersebut ke permukaan kulit tangan dan kaki. Bukan hanya memutihkan kulit, cara ini juga bisa menghaluskan kulit dan mencegah keriput.

4. Kunyit, Yoghurt, dan Madu

Sama halnya dengan beras, kunyit juga banyak digunakan untuk berbagai mengatasi masalah kulit. Khusus untuk memutihkan kulit, Anda perlu mencampurkan bubuk kunyit dengan yoghurt dan madu. Oleskan secara merata pada kulit tangan dan kaki, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

5. Kentang

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki yang berikutnya adalah dengan menggunakan kentang. Anda hanya perlu mengiris kentang secara tipis-tipis, lalu tempelkan pada permukaan tangan dan kaki. Kandungan enzim cathecolase dan pati membuat kentang bisa mencerahkan kulit.

6. Wortel dan Body Lotion

Anda juga bisa menggunakan parutan wortel yang dicampurkan dengan sedikit body lotion. Setelah kedua bahan tersebut diaduk hingga merata, maka oleskan ke seluruh permukaan kulit tangan dan kaki. Diamkan beberapa menit hingga hampir mengering, lalu bilas sampai bersih.

7. Madu, Pisang, dan Gula

Bahan alami lain yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan kulit adalah madu, pisang, dan gula. Campurkan 1 buah pisang, 4 sendok madu asli, dan 1 sendok gula pasir. Pastikan pisang menjadi hancur dan aduk semua bahan sampai merata. Usapkan campuran bahan tersebut ke permukaan kulit tangan dan kaki, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan.
Itu dia beberapa cara alami memutihkan kulit tangan dan kaki. Mana yang akan Anda coba? Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin untuk hasil yang maksimal. Dapatkan tips menarik lainnya dengan mengunjungi doktersehat.com. Selamat mencoba!
Editor: PAR
Sumber: Kumparan