ilustrasi jambu biji untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Buah apa yang sering Anda konsumsi selama hamil, Moms? Ada banyak lho, buah-buahan yang baik untuk ibu hamil maupun perkembangan janin di dalam perutnya. Salah satunya, buah jambu biji!
Hal ini dijelaskan oleh Dr Shikha Sharma, seorang ahli nutrisi yang juga pendiri Nutri Health, sebuah platform yang menawarkan program manajemen kesehatan dan memiliki lebih dari 50 ahli gizi, di India.
Mengutip Mom Junction, menurut Dr Shikha, buah biji tidak hanya manis dan enak, tapi juga punya kaya nutrisi dan aman dikonsumsi selama kehamilan.
Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil dengan mengonsumsi jambu biji?
Masih di laman yang sama, Rebecca Malachi,B.Sc., seorang ahli bioteknologi yang memiliki sertifikasi di bidang Gizi Kehamilan menjelaskan mengenai hal ini:
Ilustrasi buah jambu biji segar yang baru dipetik Foto: Shutter Stock
1.Meningkatkan imunitas karena jambu biji kaya akan vitamin C, E, karotenoid, isoflavonoid, dan polifenol yang membantu memerangi kuman dan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu.
2.Menyeimbangkan tekanan darah sehingga membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali dan menghindari risiko seperti keguguran dan kelahiran prematur
3.Mengatur kadar gula darah dan menghindari risiko diabetes gestasional yang merupakan salah satu kondisi medis umum yang dihadapi selama kehamilan, terutama pada minggu ke-24.
jambu biji bisa memberi banyak manfaat bagi ibu hamil Foto: Shutterstock
4.Mencegah sembelit dan wasir yang umum dialami ibu hamil karena hormon.
5.Memelihara sistem pencernaan. Ini karena jambu biji bersifat basa dan membantu menyeimbangkan kandungan asam lambung. Makan jambu biji di antara waktu makan memastikan kandungan pH lambung Anda terjaga dengan baik dan seimbang.
6.Meningkatkan penglihatan. Karena kaya akan vitamin A, konsumsi jambu biji dapat meningkatkan penglihatan ibu serta mencegah kemungkinan kebutaan janin.
7.Mendukung pembentukan sistem saraf pada bayi karena kaya asam folat dan vitamin B9. Asam folat juga dapat mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida.
Ilustrasi jambu biji merah Foto: dok.shutterstock
8.Menenangkan pikiran karena jambu biji adalah sumber magnesium yang kaya yang melemaskan saraf dan otot. Ibu hamil jadi tidak mudah stres!
9.Mengontrol kolesterol darah. Serat dalam jambu biji membantu mengontrol kadar kolesterol darah yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Jambu biji juga tinggi serat larut yang bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat.
10.Mengobati anemia. Kebutuhan zat besi ibu meningkat selama kehamilan, dan jambu biji memiliki kandungan zat besi yang cukup yang menjaga kadar hemoglobin tetap terjaga.
Ilustrasi jambu biji merah Foto: dok.shutterstock
11.Mendukung kesehatan otak janin berkat kandungan vitamin B3 dan B6 yang sangat baik di dalamnya. Vitamin ini juga meningkatkan fokus dan tingkat konsentrasi ibu hamil.
12.Mengurangi mual. Kandungan vitamin C dalam jambu biji juga bisa mengendalikan mual di pagi hari.
Meski begitu, ibu hamil disarankan hanya mengonsumsi buah jambu biji yang matang, dikupas dan dalam jumlah yang tidak berlebihan.
Dijelaskan oleh Dr Shikha, ibu hamil sebaiknya tidak makan lebih dari satu buah jambu biji matang dengan berat sekitar 100-125 gram per hari.
Meski kaya manfaat, konsumsi jambu biji secara berlebihan berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janin yang tengah dikandungnya. Simak penjelasannya di sini.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan