Jus buah merupakan pilihan tepat untuk menyegarkan tenggorokan, terutama jika diminum saat matahari sedang cerah-cerahnya. Selain enak dan menyegarkan, jus buah juga dikemas dengan beragam mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan.
Sayangnya, tak semua jenis buah bisa dibuat jus. Pasalnya, ada beberapa jenis buah yang akan kehilangan kadar nutrisinya jika dibuat jus. Selain itu, ada juga beberapa buah yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi dalam bentuk jus.
Jenis buah apa saja yang sebaiknya tidak dibuat jus? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.
1. Apel
Buah yang satu ini memang kerap dibuat jus. Rasanya yang manis dengan sensasi asam, dipercaya bisa menyegarkan tenggorokan. Sebenarnya buah ini masih aman jika dikonsumsi dalam bentuk jus. Hanya saja, saat mengolahnya kamu harus memastikan bahwa bijinya tidak ikut terbawa.
Menurut Times of India, biji apel mengandung amygdalin atau sejenis senyawa kimia yang menjadi beracun ketika diproses dalam pencernaan.
2. Nanas
Nanas merupakan jenis buah tropis yang kerap dibuat jus. Sayangnya, proses pengolahan nanas (menjadi jus) bisa menghilangkan semua manfaat dan nutrisi yang ada di dalamnya.
Selain itu, jus nanas juga menyisakan banyak gula yang tidak baik untuk kesehatan. Jika ingin lebih aman, konsumsilah nanas secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu.
3. Alpukat
Di antara sekian banyaknya buah, alpukat mungkin jadi salah satu jenis yang sering diolah menjadi jus. Sayangnya, proses pengolahan alpukat (menjadi jus) bisa menghilangkan sari buah dan nutrisi yang ada di dalamnya.
Jika kamu ingin mendapatkan manfaat utuh dari alpukat, konsumsilah buah ini secara alami atau langsung tanpa diproses terlebih dahulu.
4. Pepaya
Banyak ahli gizi menyarankan kita untuk mengonsumsi pepaya secara langsung tanpa diproses terlebih dahulu. Pepaya sendiri banyak mengandung zat besi yang baik untuk mereka yang mengalami penyakit kurang darah atau anemia.
Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu harus mengonsumsinya secara langsung. Karena, pemrosesan pepaya (menjadi jus) bisa menghilangkan atau mengurangi khasiat yang ada di dalamnya.
5. Pir
Pir memang lezat jika dibuat jus. Tetapi, mengolahnya menjadi jus bukanlah ide yang baik, apalagi bagi mereka yang sensitif terhadap fruktosa.
Pir sendiri mengandung sorbitol atau sejenis gula yang sulit dicerna di dalam tubuh. Tak hanya itu, jenis gula ini juga bisa menyebabkan masalah pencernaan; seperti mengeluarkan gas, diare, hingga sakit perut.
Editor: PAR
Sumber: kumparan