Tim Jupiter Aerobatik memeriahkan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10) pagi. Enam pesawat KT-1B Wong Bee membentuk berbagai formasi di langit Jakarta.
Ada sejumlah manuver yang dilakukan Tim Jupiter. Di antaranya Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Clover Leaf, Break Off, Tango to Diamond, hingga Heart.
Bentuk hati ini dilakukan oleh dua pesawat, yakni Jupiter 5 dan Jupiter 6. Manuver dimulai dari bawah. Kedua pesawat itu terbang ke atas bersamaan. Saat berada di atas, keduanya menjauh dan terbang ke arah bawah membentuk hati.
“Cintailah Tanah Air dan udara Indonesia,” seru narator dari pengeras suara.
Video
Selain itu, dalam atraksi ini salah satu pesawat, yakni Jupiter 6 sempat melakukan manuver seperti hilang kendali dan jatuh.
Atraksi itu seakan nyata karena asap tebal yang dikeluarkan dari pesawat. Namun, tak berapa lama pesawat itu kembali terbang normal.
Tim Jupiter memiliki base di Lanud Adisucipto, Yogyakarta. Pesawat Jupiter 1 diawaki oleh Danskadik 102 Letkol Marcellinus AKD, Jupiter 2 Right Wing Kapten Pnb Ngurah Satya, Left Wing Jupiter 3 Kapten Pnb Pujo Setyo Anggoro, Jupiter 4 Slot Letkol Pnb M. Yunus, Jupiter 5 Mayor Pnb Dika Mahendra dan Jupiter 6 Mayor Pnb Ari Widodo. Sedangkan Jupiter 7 Narator adalah Kapten Pnb Johan Hutagalung.
Editor: PAR
Sumber: kumparan